Jelang Idul Fitri 1442 H, BI Cabang Babel Siapkan Uang Tunai Rp 1 Triliun

Firman    •    Jumat, 07 Mei 2021 | 23:57 WIB
Ekonomi
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Edy Josinar Purba.(fn/wb)
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Edy Josinar Purba.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wobabel.com -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Bangka Belitung menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1 T untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan masyarakat Babel selama Ramadan dan Idul Fitri 1442 H.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Edy Josinar Purba mengatakan, menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini pihaknya menyiapkan uang sebesar Rp1 triliun dan meningkat 6,4% dibandingkan tahun lalu.

"Kita juga dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung sudah menyiapkan penukaran uang tunai nominal kecil menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 ini," ungkapnya.

Dijelaskannya, uang pecahan kecil tersebut, ada tiga nominal mulai dari Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000.

"Sedangkan layanan penukaran uang rupiah pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1442 H, dilakukan melalu 98 kantor cabang bank umum di wilayah Provinsi Bangka Belitung," kata Edy Josinar Purba saat konferensi pers, Jumat (7/5/2021).

Ia juga menuturkan, BI berupaya memberikan layanan yang prima untuk menfasilitas penukaran uang rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup. Namun dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19, apalagi terjadi kerumunan.

"Kami dari BI juga tetap melayani penukaran uang rusak, cacat dan uang yang telah dicabut/ditarik dari peredaran pada hari Kamis saja," ungkapnya.

Selain itu disampaikannya dengan sinergi yang dilakukan oleh BI bersama perbankan di Bangka Belitung, ketersediaan uang tunai di masyarakat dipastikan terjaga. Bl juga mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian rupiah dan merawat uang rupiah sebagai bentuk cinta rupiah.

"Menjaga rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah dan mengenal fungsi rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk paham rupiah," tukasnya Edy.(fn/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL