Larangan Mudik Dimulai, Pelabuhan Pangkalbalam Sepi

Hendri Dede PKP    •    Jumat, 07 Mei 2021 | 09:27 WIB
Lokal
Caption: Pelabuhan Pangkalbalam. (net)
Caption: Pelabuhan Pangkalbalam. (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Aktivitas penyebrangan kapal penumpang di Pelabuhan Pangkal Balam mulai beranjak sepi, Kamis (6/5/2021). Bahkan tidak ada aktivitas penurunan penumpang di areal pelabuhan.

Hal itu sebagaimana pemberlakuan larangan seluruh aktivitas mudik atau peniadaan mudik jelang lebaran 2021, yang mulai diberlakukan pada 6 Mei 2021.

"Jadi ada dan banyak sekali penurunan kedatangan atau kedatangan penumpang tiba maupun keberangkatan penumpang yang akan berangkat, itu jauh ya," ujar Petugas Lantas Angkutan Laut KSOP Pangkal Balam Ferdiansyah, Kamis (6/5/2021).

Namun untuk persentase penurunan penumpang, pihak KSOP sejauh ini belum melakukan penghitungan karena Posko Pengendalian Mudik yang didirikan oleh Kemenhub baru beroperasional mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 17 Mei. 

"Jadi hari ini baru kami mulai menghitung. Ya, sudah terlihat ada penurunan," kata Ferdiansyah.

Pada Rabu malam (5/5/2021)erdapat sebanyak 43 orang penumpang yang tiba atau turun di Pelabuhan Pangkal Balam menggunakan kapal penumpang KMP Srikandi dari Pelabuhan Tanjung Priok.


Namun, kata Ferdiansyah, biasanya pada H-10 jumlah penumpang kapal yang tiba mencapai ratusan. Sedangkan untuk kapal logistik, tidak ada perbedaan atau tetap beroperasi secara normal.

"Tadi malam seperti yang saya sampaikan tadi itu berjumlah 43 penumpang. Ya, itu bisa dibilang terjadi penurunan hampir 100 persen," ujarnya.

"Untuk intensitas penyeberangan kalau riil di lapangan kondisi sekarang mungkin sampai dengan saat ini tidak ada penumpang yang berangkat ke luar Pulau Bangka," kata Ferdiansyah

Posko Pengendalian Transportasi jelang Idul Fitri 1442 Hijriyah juga meliputi kawasan Pelabuhan Belinyu di bawah Pelabuhan Pangkal Balam atau kantor KSOP Pangkal Balam.

"KSOP Pangkal Balam mengacu kepada peraturan Gugus Covid-19 di tingkat nasional maupun Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM13/2021 tentang pengendalian transportasi selama Idul Fitri 1442 Hijrah," kata Ferdiansyah. (hdd/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL