Kebutuhan Daging Idulfitri di Bangka Capai 13 Ton

Dwi H Putra    •    Senin, 10 Mei 2021 | 13:43 WIB
Lokal
Ilustrasi.(dok)
Ilustrasi.(dok)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan kebutuhan konsumsi daging untuk masyarakat menyambut perayaan Idulfitri 1442 H diperkirakan mencapai 13 ton atau setara dengan 26 ekor   sapi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Elius Gani, mengatakan kebutuhan daging sebanyak itu diyakini mampu terpenuhi, karena selain ketersediaan sapi lokal juga akan didatangkan puluhan ekor sapi dari luar Pulau Bangka.

"Saat ini yang tersedia baru 25 ekor, namun tidak lama lagi akan dipasok puluhan sapi potong untuk pemenuhan konsumsi daging masyarakat dalam perayaan lebaran," kata Elius Gani di Sungailiat, Senin (10/5/2021).

Lanjutnya sapi yang didatangkan dari luar Pulau Bangka berasal dari Madura, sedangkan untuk pasokan lokal atau lintas daerah berada dari Pangkalpinang maupun daerah lainnya.

Dan untuk sapi yang didatangkan dari luar Pulau Bangka terlebih dahulu akan melalui uji pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan hewan, baik di daerah asal mau pun pemeriksaan kembali setelah sampai ke tujuan.

"Pemeriksaan kesehatan hewan atau sapi menjadi syarat penting sebagai upaya menjamin kesehatan hewan tersebut sebelum dikonsumsi masyarakat," pungkas Elius Gani. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL