Pemkab Bangka Izinkan Salat Idul fitri di Masjid, Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Dwi H Putra    •    Senin, 10 Mei 2021 | 15:20 WIB
Lokal
Caption: Bupati Bangka, Mulkan. (dok/wb)
Caption: Bupati Bangka, Mulkan. (dok/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengizinkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H secara berjamaah. 

Namun, setiap pengurus Masjid harus mempersiapkan pelaksanaan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

"Memang dari Menteri Agama ada larangan, namun kami tetap mengizinkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid ataupun di lapangan, tetapi harus dengan prokes yang ketat, semua jamaah wajib bermasker," kata Mulkan di Sungailiat, Senin (10/5/2021).

"Pengurus masjid wajib menyediakan tenda, juga jaga jarak agar tidak bersentuhan, pemeriksaan suhu badan sebelum jamaah masuk masjid," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya mengimbau dan melarang agar anak dibawah umur tidak ikut serta orang tua untuk Sholat Idul Fitri berjamaah di Masjid. 

"Jaga anak-anak, jangan dibawa ke masjid, apalagi saat sholat Idul Fitri ini," jelas Mulkan. 

"Apalagi dalam beberapa hari ini ada yang baru berumur 11 tahun meninggal dunia akibat Covid-19," tegasnya. 

Maka dari itu, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan masjid dan mengawasi serta memantau kesiapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H di Kabupaten Bangka, Pemkab Bangka akan menerjunkan tim sehari sebelum lebaran. 

"Kami akan terjunkan tim pemantau guna memantau pelaksanaan dan penerapan prokes bagi semua masjid di Kabupaten Bangka," pungkas Mulkan. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL