Sembilan Parpol di Pangkalpinang Dapat Kucuran Dana Hibah

Hendri Dede PKP    •    Senin, 17 Mei 2021 | 18:37 WIB
Lokal
Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang.(hen/wb)
Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang.(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Sebanyak sembilan partai politik pada tahun 2021 mendapatkan kucuran dana bantuan atau hibah dari Pemkot Pangkalpinang dengan total dana hibah  sebesar Rp 1,3 miliar.

"Total dana hibah untuk sembilan partai politik di tahun 2021 di Kesbangpol yaitu sebesar Rp 1,3 miliar," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang, Anggo Rudi kepada Wow Babel, Senin (17/5).

Anggo mengatakan, pemberian dana hibah parpol diberikan sesuai dengan jumlah suara yang sah yaitu Rp 15 ribu lebih per suara.

"Untuk Kota Pangkalpinang satu suara itu Rp 15 ribu lebih, itu sesuai dengan jumlah suara yang sah setiap partai politik," katanya.

Sedangkan dana hibah parpol yang tertinggi saat ini diterima PDIP. Sejauh ini terdapat lima parpol dari sembilan parpol yang telah mengusulkan atau mengajukan pencairan.

"Karena PDIP adalah suara yang terbanyak hampir dua ratus juta lebih. Saat ini ada lima parpol yang telah mengajukan pencairan," imbuh Anggo.

"Tahun 2020 dan 2021 itu besarannya sama, semua itu dihitung dengan jumlah setiap suara parpol yang sah. Tidak ada penambahan," tegas Anggo. 

Mekanisme untuk pencairan dana parpol, dijelaskan Anggo, pihak parpol mengajukan proposal ke Kesbangpol, yang kemudian dilakukan verifikasi. 

"Verifikasi bukan hanya dari Kesbangpol saja, tetapi ada beberapa dinas yang terkait di dalam tim verifikasi itu, misalnya Inspektorat, KPU," jelas Anggo. 

Setelah proposal tersebut ditandatangani oleh semua tim verifikasi atau telah disahkan, barulah disampaikan ke pihak keuangan.

 "Uang itu tidak masuk ke Kesbangpol, namun langsung ditransfer ke rekening parpol. Dana hibah tersebut diantaranya digunakan untuk sosialisasi, pembinaan kader, dan untuk pembiayaan dari keperluan sekretariat," tukas Anggo.(hen/wb) 



MEDSOS WOWBABEL