H Sukirman: Hutan Kaki Bukit Menumbing Sudah Bolong-bolong

Chairul Aprizal    •    Senin, 24 Mei 2021 | 18:20 WIB
Lokal
Bupati Bangka Barat, H Sukirman.(rul/wb)
Bupati Bangka Barat, H Sukirman.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Bupati Bangka Barat H Sukirman mengakui Tahura (Taman Hutan Raya—red) Bukit Menumbing sudah banyak kerusakan pada saat kegiatan penanaman pohon bersama Gubernur dan Wakapolda Bangka Belitung, Senin (24/05/2021), di Kaki Bukit Menumbing Muntok, Bangka Barat.

Sukirman meminta agar kerusakan hutan Bukit Menumbing dapat diawasi bersama dengan pemprov karena hal itu dimungkinkan ada oknum-oknum yang terlibat.

"Hari ini pemprov dan Pemkab Bangka Barat berkolaborasi dalam rangka untuk menghijaukan kembali hutan kita yang hampir rusak ini," kata Sukirman.

Sukirman mengatakan tempat sekarang yang diadakan kegiatan baru dipermukaan dan di dalam kaki Bukit Menumbing sudah ada bolong-bolong.

"Mudah-mudahan dengan perhatian khusus kita ini tidak mungkin ada yang berani kecuali ada yang dibelakangnya, kita tanam penghijauan ini mudah-mudahan tidak ada lagi tangan-tangan nakal," tuturnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka Barat Drs Muhammad Rozali menerangkan Tahura Bukit Menumbing yang memiliki luas 3.333,2 hektar yang dibagi 6 blok yaitu blok perlindungan seluas 25,05%, 

blok pemanfaatan untuk wisata/sejarah/jasa lingkungan/agro wisata seluas 10,46%, blok tradisional seluas 32,26%, blok rehabilitasi yaitu reklamasi tambang seluas 29,43%, blok khusus seperti tower pemancar tv dan seluler seluas 0,04%, dan blok koleksi tumbuhan seluas 2,7%.

Rozali menyebutkan bibit yang hari ini ditanam adalah Jambu Mete sebanyak 4.000 batang dan bibit Pohon Sengon sebanyak 1.000 batang.

"Tantangan  dalam mengelola Tahura ini adalah untuk menjaga dari ilegal logging, ilegal mining, dan ilegal farming kemudian Tahura ini juga harus sangat diperhatikan dimana luas kurang lebih 981,027 hektar blok rehabilitasi yang di dalamnya berupa tambang ilegal," tukasnya.(rul/wb) 




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE