Dua Tersangka Korupsi BRI Diserahkan ke JPU

Hendri Dede PKP    •    Jumat, 28 Mei 2021 | 17:39 WIB
Lokal
Dua tersangka kasus korupsi BRI diserahkan ke JPU.(hen/wb)
Dua tersangka kasus korupsi BRI diserahkan ke JPU.(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Tim Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pangkalpinang menyerahkan tersangka dan barang bukti atas perkara tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) oleh bank plat merah di Pangkalpinang pada tahun 2018 kepada Jaksa Penuntut Umum.

Pemberian fasilitas pinjaman kredit modal kerja dan perpanjangan KMK tersebut diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pangkalpinang kepada CV Hayxellindo Putra Jaya pada tahun 2018 dengan nilai sebesar Rp 3,5 miliar. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pangkalpinang, Jefferdian melalui Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Pangkalpinang, Ryan Sumarta Syamsu. 

"Pada hari Jumat tanggal 28 Mei 2021, Tim Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pangkalpinang menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Pangkalpinang," ujarnya.

Dalam keterangannya, Ryan mengungkapkan kedua terdakwa yaitu atas nama Firman alias Asak selaku dari Hayxellindo Putra Jaya, dan M Redinal Airlangga dari pihak BRI Cabang Pangkalpinang.

Terhadap terdakwa Firman telah dilakukan penahanan di Rutan Polres Pangkalpinang sampai dengan 16 Juni April 2021.

Adapun atas nama terdakwa M Redinal Airlangga dilakukan penahanan dalam perkara lain terhitung pada 28 Mei 2021 sampai dengan tanggal 16 Juni 2021. 

Kedua terdakwa terancam maksimal seumur hidup atau paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

"Dan pidana denda paling sedikit Rp 200.000.000,- dan paling banyak satu miliar rupiah serta membayar uang pengganti sebesar kerugian negara," tukasnya.(hen/wb)




MEDSOS WOWBABEL