Timah Memiliki Momentum untuk Naik Lebih Tinggi

Tim_Wow    •    Kamis, 03 Juni 2021 | 06:13 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Harga timah dunia di pasar London Metal Exchange dan Shanghai Futures Exchange bervariasi pada  Rabu (2/6/2021). Harga  timah naik di kedua bursa dan terlihat akan menguat diantara harga logam dasar lainnya  yang  kehilangan momentum kenaikan. 

"Pasar harga logam dasar tiga bulan di LME  harga tembaga,  aluminium dan timbal menunjukkan pelemahan dan kehilangan momentum kenaikan, sementara nikel, timah dan seng menunjukkan kekuatan, dengan dua yang terakhir terlihat lebih kuat daripada yang lain," kata analis Fatmarkets yang dikutip dari metalbulletin.com, Selasa (2/6/2921).

Kontrak logam dasar SHFE yang paling aktif tak jauh beda dengan LME, seng dan timah lebih kuat dengan masing-masing 1,2% dan 0,3%, sedangkan sisanya turun rata-rata 0,7%.

"Untuk logam dasar sebagian besar bertahan di harga tinggi, tetapi timah dan seng yang  memiliki momentum untuk memperpanjang kenaikan, sementara nikel tampaknya mengejar ketinggalan setelah berkinerja buruk sejak kemunduran Februari. Tembaga, aluminium dan timah tampaknya telah kehilangan momentum kenaikan untuk saat ini," ujarnya.

Momentum untuk memperpanjang kenaikan harga ini terbukti, harga timah di LME naik dari USD 30.789 per metrik ton pada Rabu pagi menjadi USD 31.135 per metrik ton pada sore harinya.

Laporan Fastmarkets premi untuk timah di Amerika Serikat dan Eropa mencapai level tertinggi. Kekurangan bahan pasokan diperparah tarif pengiriman yang tinggi, kekurangan kontainer global, dan masalah logistik lainnya untuk menjaga premi tetap tinggi. 

Kisaran teratas dari premi AS melampaui USD 3.000 per ton untuk pertama kalinya sejak Fastmarkets mulai menilai pasar. Sumber pasar di Eropa memperkirakan premi akan tetap di atas USD1.000 per ton dan terus meningkat hingga Juni dan Juli. 

Harga timah tiga bulan di London Metal Exchange mencapai USD 31.135 per ton pada 1 Juni, tertinggi dalam satu dekade, menjaga minat beli di Taiwan rendah. Stok di LME meningkat 145 ton pada hari Rabu, dengan 75 ton dikirim ke Kaohsiung dan 70 ton ke Port Klang, Malaysia. Total stok berada di 875 ton. (*)



MEDSOS WOWBABEL