Begini Sistem PPDB Jenjang SD dan SMP di Bangka Barat

Chairul Aprizal    •    Rabu, 09 Juni 2021 | 12:26 WIB
Lokal
Caption: Kepala Dikpora Kabupaten Bangka Barat Rukiman. (rul/wb)
Caption: Kepala Dikpora Kabupaten Bangka Barat Rukiman. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bangka Barat membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021/2022 secara online di Bangka Barat tahun 2021/2022.

Kepala Dikpora Kabupaten Bangka Barat Rukiman menyampaikan, PPDB untuk jenjang SD sudah dibuka tanggal 8-19 Juni 2021 dan jenjang SMP tanggal 15-24 Juni 2021.

Rukiman menjelaskan bahwa PPDB harus tetap online (daring) selain karena dalam kondisi pandemi untuk menghindari kerumunan, juga di era teknologi 4.0 perlu mengadaptasikan dengan perkembangan zaman dan digitalisasi.

Mekanisme pendaftaran PPDB online untuk jenjang SD dan SMP dapat dilakukan dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan melalui akses laman pendaftaran PPDB di https://ppdb.bangkabarat.go.id.

"Selain itu PPDB online ini supaya masyarakat Bangka Barat bisa daftar dari mana saja, misalnya orang Bangka Barat posisinya lagi diluar bisa daftar hanya dengan mengakses internet atau menggunakan hp," jelas Rukiman, Rabu (09/06/2021). 

Meskipun PPDB harus online, Rukiman menuturkan Dikpora tidak akan mempersulit masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan internet ataupun yang tidak memiliki hp.

"Banyak juga orang yang tidak punya hp, dan punya hp tapi tidak paham aplikasi itu karena itu kami memberikan kesempatan untuk datang ke sekolah tujuan dengan protokol kesehatan yang ketat itupun tidak semua datang hanya untuk yang seperti itu," ujarnya.

Pihak operator sekolah nanti yang akan membantu mendaftarkannya dengan ikut membawakan berkas dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.

"Jadi silakan kalau memang merasa dia pertama tidak punya paket, tidak punya hp. Yang datang langsung itu daftarnya tetap online juga cuma dibantu operator sekolah nanti," jelasnya.

Sejauh ini, pelaksanaan PPDB jenjang SD yang sudah berlangsung masih lancar karena Dikpora Bangka Barat belum mendapatkan laporan keluhan dari PPDB online.

"Untuk pembagian jalurnya, kita untuk SD ada 3 jalur yaitu, jalur zonasi minimal 70 persen kalau untuk SMP zonasi minimal 50 persen, jalur afirmasi SD untuk orang kurang mampu harus menunjukkan SKTM dan sebagainya, dan satu lagi ada jalur perpindahan orang tua, untuk SD tidak ada jalur prestasi hanya ada di SMP," tukasnya.

Adapun pembagian jalurnya adalah Jalur Zonasi (paling sedikit 70% untuk SD dan 50% untuk SMP), jalur afirmasi (paling sedikit 15%), jalur perpindahan tugas orang tua/wali (paling banyak 5%), dan jalur prestasi hanya untuk SMP (sisa kuota dari ketiga jalur). (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL