Kaki Bukit Menumbing Dijarah, Satpol PP Amankan Peralatan Tambang Liar

Chairul Aprizal    •    Rabu, 09 Juni 2021 | 21:57 WIB
Lokal
Satpol PP Bangka Barat mengamankan peralatan tambang liar di kaki Bukit Menumbing.(ist)
Satpol PP Bangka Barat mengamankan peralatan tambang liar di kaki Bukit Menumbing.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Bukit Menumbing tampaknya sampai saat ini belum dapat lepas dari penjarahan oleh para penambang liar yang masih terus-terusan merusak kawasan bersejarah ini.

Satpol PP Kabupaten Bangka Barat  telah mengamankan barang bukti penambangan liar di HK Bukit Menumbing kawasan Pal 6 Desa Air Belo Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Rabu, (09/06/2021).

"Sekitar pukul 10.00 WIB kita ke sana dengan Dinas Lingkungan Hidup dengan penyidiknya kita berjalan menyusuri lokasi dekat tempat pembuangan sampah sekitar 5 kilometer, kita menyelusuri berjalan ke lokasi memang tidak ditemukan aktivitas pekerja," ungkap Des Kurniawan.

Akan tetapi Satpol PP Kabupaten Bangka Barat mendapati seperangkat alat tambang yaitu satu unit mesin tanam beserta selang sekitar 100 meter dengan beberapa pipa.

"Diduga aktivitas ini dilakukan dibawah arung, jadi ada aliran sungai di lembah yang alirannya mengganggu aktivitas orang berkebun di situ," tutur Des Kurniawan.

Ditambahkan Des, pihaknya sudah berulang kali menyampaikan imbauan agar tidak ada yang melakukan penambangan liar di hutan konservasi namun hingga kini masih didapati juga.

"Kita sampaikan juga kepada masyarakat yang berkebun agar melaporkan apabila ada aktivitas orang menambang, bukan hanya ngelapor ke Pol PP tapi bisa juga langsung ke polisi atau Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup," tegasnya.

Des menerangkan aktivitas tambang timah di HK Menumbing sudah termasuk dalam pelanggaran tindak pidana penambangan tanpa ijin dan melakukan aktivitas perusakan di kawasan Hutan Konservasi (HK).

"Ancaman hukumannya cukup berat penjara sekitar 10 tahun dan denda 10 miliar rupiah, ini selalu kita sampaikan ke masyarakat jangan melakukan aktivitas di kawasan hutan lindung. Sebelumnya Desember kita sudah menangkap orang menambang di kawasan Bukit Menumbing prosesnya sudah kita serahkan ke polisi," tukas Des.(rul/wb)



 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL