KLTM Hentikan Transaksi Timah

Tim_Wow    •    Rabu, 09 Juni 2021 | 22:52 WIB
Nasional
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --  -Bursa timah Kuala Lumpur Tin Market ( KLTM ) berhenti sementara waktu bertransaksi mulai 9 Juni 2021. Keputusan KLTM  mengikuti kebijakan  produsen timah Malaysia Smelting Corporation  (MSC) yang  lebih dahulu berhenti berproduksi setelah  pemerintah Malaysia  melakukan penguncian (lockdown) untuk mengatasi penularan Covid-19.

Berentinya transaksi timah di KLTM mulai  9 Juni hingga pemberitahuan lebih lanjut sebagaimana yang disampaikan oleh Asosiasi Timah International (ITA) dalam keterangan resminya, Rabu (9/6/2021).

"Tidak ada transaksi yang terjadi sebagai akibat dari keputusan Malaysia Smelting Corporation ( MSC ) untuk melakukan force majeure pada tanggal 7 Juni,"  tulis ITA dikutip dari web resmi internationaltin.org . 

Perintah Kontrol Gerakan COVID Malaysia (MCO) mulai 1 Juni membatasi manufaktur dan layanan terkait manufaktur yang diizinkan beroperasi selama penguncian. Hanya kategori teratas yang diizinkan untuk beroperasi pada 60% kapasitas tenaga kerja, dengan set kedua pada kapasitas 10%.

MSC  hanya dapat izin  10% karyawannya kembali ke smelter mulai 9 Juni. Perusahaan telah mengkonfirmasi kepada ITA bahwa pihaknya terus mendesak Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional (MITI) Malaysia untuk pengakuan sebagai bisnis penting.

MSC mengatakan "tidak punya pilihan" kecuali menyatakan force majeure setelah menghentikan operasi peleburan mulai 3 Juni.

MCO awal berlaku hingga 14 Juni dan dapat diperpanjang tergantung pada kemajuan dalam mengatasi gelombang COVID terbaru. Kasus telah turun tajam dari puncak 7.105 pada 1 Juni menjadi 5.566 kasus.

"MSC  berada di bawah tekanan setelah mengumumkan masalah produksi pada bulan April. Gangguan terbaru ini, untuk saat ini, relatif jangka pendek tetapi sangat tergantung pada fase tindakan pemerintah selanjutnya," tulis ITA. (*)



MEDSOS WOWBABEL