Saat Ini Kaum Transgender di Pangkalpinang Bisa Miliki KTP

Hendri Dede PKP    •    Kamis, 10 Juni 2021 | 18:21 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --  Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang akan memfasilitasi para kaum transgender untuk mendapatkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin menuturkan untuk setiap warga yang ingin memperoleh identitas pendudukan mulai dari lahir sampai meninggal untuk pengurusan dokumen pastinya berada di Dukcapil.

"Nah, begitu juga untuk kaum-kaum termarjinalkan, seumpama seperti transgender maupun difabel atau orang yang sakit akan kita usahakan," ungkap Darwin, Kamis (10/6/2021).

Darwin berkata, sampai dengan saat ini pihaknya belum ada menerima pengajuan dari warga Pangkalpinang yang ingin merubah identitas jenis kelamin atau transgender. 

Bagi transgender yang ingin merubah identitas pribadinya, kata Darwin, maka yang bersangkutan wajib menyerahkan dokumen pendukung seperti putusan dari pengadilan.

"Biasanya kalau mereka sudah merubah (operasi jenis kelamin-red) dan sudah punya data awal seperti KTP dari pria ingin menjadi wanita dan sebaliknya, kita cuma membutuhkan dokumen pendukung seperti putusan dari pengadilan," tuturnya.

"Mungkin dari pengadilan nanti memerlukan surat keterangan dari rumah sakit jika yang bersangkutan telah melakukan operasi jenis kelamin," kata Darwin.

Adapun jika pengadilan sudah memutuskan, Disdukcapil akan segera menindaklanjuti dengan merubah dokumen kependudukan mulai dari KK sampai dengan KTP elektronik yang bersangkutan. 

"Jika bersangkutan juga menginginkan merubah akte, maka akan kita rubah asalkan ada dokumen putusan dari pengadilan. Itu saja. Juga foto awal identitasnya, misalnya dari pria ke wanita," pungkasnya.(hen/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL