Demplot Dinas Pertanian dan Pangan Bangka Hasilkan Bawang Merah 500 Kg

Dwi H Putra    •    Jumat, 11 Juni 2021 | 21:41 WIB
Lokal
Panen bawang di lahan Demontatrion Plot (Demplot) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka di Sungailiat, Jumat (11/6/2021).(ist)
Panen bawang di lahan Demontatrion Plot (Demplot) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka di Sungailiat, Jumat (11/6/2021).(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Lahan Demontration Plot (Demplot) yang dikembangkan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka untuk mengembangkan bawang merah memberikan hasil yang baik, potensi besar bawang merah di Kabupaten Bangka ini bisa dilihat pada ujicoba yang mereka lakukan tersebut.

“Jadi ini luasnya sekitat 0,1 hektar, dari 1 umbi hasilnya menjadi 6 sampai 7 umbi dalam perumpun, artinya tidak kurang dari 500 kilogram," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Ellius Gani di Sungailiat, Jum'at (11/6/2021).

"Kualitas bawangnya pun sangat bagus, sama dengan yang Brebes, karena bibitnya Bima Brebes,” paparnya. 

Menurutnya, bawang merah ini identik dengan daerah Brebes, termasuk juga pemenuhan kebutuhan bawang merah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) juga sebagian besar dipasok dari luar daerah.

“Dan ternyata setelah kita coba mulai tahun lalu, cocok sekali ditanam di Kabupaten Bangka," jelas Ellius Gani. 

"Seperti oleh kelompok tani yang dibantu melalui dana DID, salah satunya yang panen di daerah Puding Besar itu," ujarnya. 

Ellius Gani menambahkan penanaman bawang merah di lahan Demplot tersebut merupakan gagasan dari Bupati Bangka yang ingin memanfaatkan lahan-lahan yang tingkat kesuburannya rendah.

“Seperti di lahan ini yang dulu bekas semak-semak, kami dari dinas membuat semacam percontohan atau Demplot, ujicoba tanaman bawang, hasilnya luar biasa ternyata,” pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL