Polda Babel Buru ABK dan Pemilik Kapal Hantu Misterius

Firman    •    Selasa, 15 Juni 2021 | 13:39 WIB
Video Kite
Caption: Kapolda Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat saat meninjau kapal hantu yang bersandar di pelabuhan Darmaga Dit Polairud Polda Babel, Selasa (15/6/2021) bersama Dir Polair, Kabid Humas, Kasatrol AKBP Andreas Purwanto, dan Kasubdit Gakum AKBP Toni Sarjaka. (fn/wb)

MERAWANG, www.wowbabel.com -- Kepolisian Daerah Bangka Belitung terus memburu pemilik dan para ABK kapal hantu yang berhasil diamankan oleh Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit Polairud) Polda Bangka Belitung, di perbatasan laut Muntok Kabupaten Bangka Barat dan Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Sabtu (6/6/2021) lalu.

Kapal hantu yang diduga membawa barang-barang ilegal tersebut, hingga saat ini nahkoda dan para ABK serta pemilik kapal masih misterius.

"Kita sudah koordinasi dengan Polda Sumsel dan Polres OKI, serta Polda Lampung, termasuk dengan berapa daerah lain untuk membantu mengungkap para ABK dan pemilik kapal ini," kata Kapolda Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat saat meninjau kapal hantu yang bersandar di pelabuhan Darmaga Dit Polairud Polda Babel, Selasa (15/6/2021) bersama Dir Polair, Kabid Humas, Kasatrol AKBP Andreas Purwanto, dan Kasubdit Gakum AKBP Toni Sarjaka.

Anang menambahkan, pihaknya terus melanjutkan kasus ini, mulai dari para ABK dan pemiliknya hingga bisa terungkap.

"Kita akan berusaha mencari pemilik kapalnya siapa, yang mendanaai kapalnya siapa," ujarnya.

Selain itu dijelaskan Anang, saat ini pihaknya belum bisa memberikan keterangan secara detail dan modus kapal hantu yang ketakutan waktu dikejar tim Patroli Ditpolairud.

"Karena para ABK dan penumpang yang lain belum dapat dan kita juga masih dalam proses pencarian, apa motivasinya, latar belakang kapal itu apa, dan dibawanya apa, kenapa begitu ketakutan ketika dikejar oleh tim Patroli Polair, masih perlu terus didalami," ungkap Jendral bintang dua di Polda Babel ini.

Ditambahkannya, selain mencari pemilik dan ABK kapal, pihaknya juga terus menulusuri barang-barang yang dibuang para ABK ke laut.

"Akan terus kita dalami dan melakukan pencarian, kalau barang-barang itu tenggelam memang agak sedikit kesulitan mencarinya, dan kita juga sudah bekerjasama dengan para nelayan, dan kita juga sudah memberi tahu kepada para nelayan, kalau ada menjumpai barang-barang ataupun hal-hal yang dicurigai segera lapor ke pihak Kepolisian," kata Anang. (fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL