Jembatan Jerambah Gantung Mulai Retak

Hendri Dede PKP    •    Jumat, 18 Juni 2021 | 20:43 WIB
Lokal
Jembatan Jerambah Gantung Kota Pangkalpinang.(hen/wb)
Jembatan Jerambah Gantung Kota Pangkalpinang.(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Sejumlah keretakan terlihat pada beberapa struktur jembatan Jerambah Gantung Kota Pangkalpinang yang diresmikan pada 4 Maret 2021 lalu. 

Di lokasi itu, tampak para pekerja sedang memperbaiki beberapa titik keretakan itu dengan ditutupi material semen, Jumat (18/6/2021) siang.

Sebelumnya, jembatan tersebut diklaim mampu menahan beban hingga mencapai 170 ton, dimana proses uji beban maupun uji kelayakan jembatan telah dilakukan.

Jembatan yang menghubungkan Kota Pangkalpinang-Kabupaten Bangka ini, dianggarkan senilai Rp 25,9 miliar dengan menggunakan APBD Kota Pangkalpinang.

Namun disaat tahap pelaksanaan pada 16 Oktober 2020, proses pengerjaan jembatan tersebut terhenti lantaran ambruknya kontruksi jembatan.

Pasca ambruknya kontruksi jembatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang Suparlan menyatakan, masa pemeliharaan jembatan akan terhitung setelah berakhirnya masa pengerjaan atau hingga 6 bulan ke depan. 

"Masa pemeliharaan dari tanggal 20 Febuari kemarin sampai enam bulan ke depan. Mereka bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sampai dengan bulan Juli batas akhirnya," kata Suparlan kepada Wow Babel, Senin (22/2/2021) lalu.

Saat dimintai keterangan lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya keretakan dan siapa yang akan bertanggungjawab, Suparlan belum memberikan tanggapannya hingga berita ini diturunkan, Jumat (18/6/2021).(hen/wb)




MEDSOS WOWBABEL