Erzaldi Minta pengelolaan Thorium Bangka Belitung Sampai ke Presiden

Tim_Wow    •    Sabtu, 19 Juni 2021 | 13:12 WIB
Lokal
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tak saja memiliki mineral timah. Sejumlah mineral ikutan dari proses penambangan timah yang masih memiliki nilai ekonomi seperti thorium ada di Bangka Belitung. 

Mineral thorium juka dikelola bisa memberikan kontribusi bagi ketahanan energi di masa depan. Sayangnya, thorium dan mineral ikutan lainnya dijual begitu saja ke laur negeri dengan harga yang murah.

Oleh sebab itu, mineral strategis untuk masa depan yang ada di Babel untuk disampaikan ke Presiden Indonesia.

Pengelolaan thorium dan mineral lainnya itu menjadi bahan yang disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat memperkenalkan komoditi pangan asal Bangka Belitung dan sumber mineral saat beraudiensi dengan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Laksda TNI Harjo Susmoro dan tim, di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Babel, Kamis (17/6/2021).

"Thorium adalah sumber mineral asal Bangka Belitung yang lebih ramah lingkungan dengan limbah radioaktif yang juga lebih rendah dibandingkan uranium. Sedangkan untuk komoditi sagu, Babel sudah ada pabrik yang siap untuk expand," kata Erzaldi Rosman.


Menurut Erzaldi, dari sisi ketahanan energi, thorium bisa digunakan untuk memasok bahan baku bagi pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Apalagi kesepakatan negara di dunia tahun 2050 sumber energi bebas daei fosil.

Thorium mineral asal Babel  sangat disayangkan jika terus-menerus dikirim keluar tanpa dikelola terlebih dahulu akibat tekhnologi pengelolaan yang tidak ada di Indonesia.

"Harapan saya, kedua hal ini akan menjadi bahan kajian dari Wantannas sebagai lembaga yang pimpinannya adalah Presiden langsung. Tentunya ini akan lebih cepat sampai kepada pak Presiden," ujar Erzaldi seraya bersyukur atas kunjungan Wantannas dalam memberikan masukan mengenai kebijakan Pemerintah RI terhadap Bangka Belitung.

Kunjungan Wantannas ke Bangka Belitung  fokus dalam memberikan solusi serta masukan terhadap segala permasalahan bangsa termasuk permasalahan daerah, khususnya ketahanan pangan dan ketahanan energi.

Sekjen Wantannas, Laksda TNI Harjo Susmoro memberikan apresiasi atas dukungan yg luar biasa dari Pemprov. Babel dan kompaknya kinerja Forkopimda Babel. Dirinya akan memberikan masukan serta kajian kepada Presiden dalam mengambil rancangan kebijakan terkait permasalahan di Bangka Belitung. (wb)



MEDSOS WOWBABEL