Hari Ayah Sedunia 2021: Cara Merayakan

Tim_Wow    •    Minggu, 20 Juni 2021 | 13:56 WIB
Hiburan
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Setiap tanggal 20 Juni dirayakan sebagai Hari Ayah Sedunia atau Father's Day, Kids, begitu juga pada tahun 2021.

Hari istimewa ini untuk menghormati, merayakan, dan memperingati peran ayah. Baik dalam keluarga, maupun dalam masyarakat. Hari Ayah diperingati pada tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia diperingati Hari Ayah jatuh pada 12 November dan bukan merupakan hari libur umum.

Kendati berbeda tanggal, namun hari istimewa ini tetap dirayakan secara meriah di berbagai negara.

Sejarah Hari Ayah Sedunia dimulai dari Amerika Serikat. Saat itu seorang wanita bernama Sonora Smart Dodd dari Spokane, Washington ingin memberikan penghargaan untuk ayahnya, yang merupakan seorang veteran perang sipil.

Ayah Dodd adalah seorang duda yang berhasil membesarkan dirinya dan kelima saudara kandungnya usai sang ibu meninggal dunia saat melahirkan Dodd.

Ide untuk memberikan peringatan Hari Ayah itu pertama kali muncul pada tahun 1909, saat mendengarkan pidato terkait Hari Ibu, yang merupakan hari libur di Amerika Serikat. Para pemimpin agama setempat mendukung gagasan tersebut dan merayakan Hari Ayah pertama pada 19 Juni 1910, bulan ayah Dodd berulang tahun.

Presiden AS yakni Calvin Coolidge pada tahun 1924 memberikan dukungannya untuk perayaan tersebut. Pada tahun 1966, Presiden Lyndon B. Johnson mengeluarkan proklamasi presiden pertama yang menandai hari Ayah tersebut.

Pada 1972, Hari Ayah tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional di AS yang ditandatangani oleh Presiden Richard Nixon. 

Tak semua negara merayakan Hari Ayah Sedunia pada waktu yang sama. Beberapa negara merayakannya pada bulan bulan Maret, Mei, dan Juni. 

Dikutip dari Haibunda.com, setidaknya ada lima ide untuk merayakan Hari Ayah Sedunia bersama si kecil, yakni: 

Menghias kamar

Menghiasi atau mendekorasi kamar menjadi salah satu pilihan dalam perayaan Hari Ayah Sedunia.  Mendekorasi kamar bisa dengan berbagai cara, dengan bunga-bunga indah yang terbuat dari kertas. Bisa meminta bantuan si kecil membuat rangkaian bunga ini. 

Selain itu, waktu terbaik untuk mendekorasi kamar adalah di pagi hari atau larut malam. Mendekorasi adalah cara paling mudah dan hemat biaya yang bisa dilakukan.

Siapkan Makan Siang

Sudah menjadi hal umum bahwa sebagian besar para ayah tidak memiliki cukup waktu untuk makan siang. Terlebih ketika mereka harus bekerja. Mereka bahkan akan memakan sarapan dengan sangat terburu-buru.

Lantaran sibuk dengan pekerjaannya, ayah mungkin tidak pernah memakan makanan favoritnya. Kita bisa masakkan makanan favoritnya saat merayakan Hari Ayah. Saat menyiapkan makan siang dengan bantuan si kecil.

Biarkan Ayah bersenang-senang atau belikan kado

Spesial di Hari Ayah mungkin bisa memberikan ayah kesempatan untuk me time, melakukan apapun yang disukainya. Misal, bermain video game seharian, mungkin? 

Nikmati malam dengan keluarga

Cara termudah untuk menghabiskan Hari Ayah adalah dengan berkumpul bersama keluarga, Bunda. Kegiatan ini tentu dipenuhi dengan kesenangan dan kebahagiaan.

Buat video dan album foto

Bisa membuat video sebagai kenang-kenangan, kumpulkan foto-foto keseruan Hari Ayah dan menjadikannya album slideshow.(bbs/*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL