Kepatuhan Prokes Warga Bangka Belitung Masih Rendah

Tim_Wow    •    Selasa, 22 Juni 2021 | 10:45 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung melakukan monitoring terhadap kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan.

Monitoring yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama 1 pekan mulai 7 hingga 13 Juni 2021, maka tingkat kepatuhan penerapan Protokol Kesehatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari 182 titik yang dipantau adalah sebagai berikut:

Angka Kepatuhan Memakai Masker: 50,1% dari 89,37% rerata nasional atau naik sedikit dari pekan sebelumnya, dimana secara nasional angka kepatuhan menggunakan masker di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di urutan ke-5 terendah se-Indonesia, dengan tingkat kepatuhan terendah berada di Kota Pangkalpinang dengan 34,62%.

Angka Kepatuhan Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan: 61,6% dari 88,01% rerata nasional atau naik sedikit dari pekan sebelumnya, dimana secara nasional angka kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di urutan ke-8 terendah se-Indonesia, dengan tingkat kepatuhan terendah berada di Kabupaten Belitung dengan 52,31%.

Menurut Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno, data di atas menjelaskan bahwa tingkat kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan 3M khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih sangat rendah dari rerata nasional meski mengalami kenaikan di pekan terakhir dibanding pekan sebelumnya.

"Mari kita terus membiasakan Protokol Kesehatan 5M dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir. Jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19 karena sudah banyak korban terpapar, yang sembuh dan kembali sehat pun juga banyak, namun tidak sedikit yang kemudian tak tertolong dan berujung kepada kematian," imbau Andi Budi, Senin (21/6/2021). 

Ia menambahkan selalu pastikan dalam setiap kesempatan kita selalu disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan 5M yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan sebisa mungkin menghindari kerumunan/keramaian, serta mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer dan mengurangi mobilitas.

"Setiap kali melakukan interaksi sosial mari kita selalu ingat pesan ibu, maskerku melindungi kamu, maskermu melindungi aku. Kita saling melindungi," tukas Andi Budi.(wb) 



MEDSOS WOWBABEL