Harga Timah Terus Menguat

Tim_Wow    •    Rabu, 30 Juni 2021 | 10:29 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

LONDON, www.wowbabel.com -- Logam timah mempertahankan tren kenaikanya hingga penutupan pasar pada Selasa malam. Di bursa London Metal Exchange (LME) kontrak timah untuk tiga bukan tiga bulan  naik 0,63% pada US$31.360 per metrik ton. Secara keseluruhan, harga komoditas  logam menguat, termasuk juga di bursa logam Shanghai Futures Exchange (SHFE).

Analais Shanghai Metal Market (SMM) mengatakan kekurangan pasokan  timah akan mendukung kenaikan harga pada tingkat lebih tinggi. 

Kenaikan harga timah sudah terlihat saat pembukaan pasar pada Senin pagi sebesar US$31.152 per ton, naik 1,2% pada harga hari Jumat. Pada Selasa pagi harga dibuka menjadi US$31.350 per ton.

Fast Market mengatakan masalah pasokan barang menjadi  alasan kenaikan harga logam.  Penutupan pabrik Malaysia Smelting Corporation (MSC) yang  berlanjut  karena  penguncian lanjutan oleh pemerintah Malaysia semakin membuat pasokan timah berkurang. 

Demikian pula dengan kondisi pasokan timah di China. Asosiasi Timah Internasional memcatat pada Mei total impor  bijih timah dan konsentrat ke China mencapai 11.159 ton, turun 42% dari bulan sebelumnya.

Namun, smelter utama YTC di Provinsi Yunnan saat ini sedang dalam masa pemeliharaan hingga pertengahan Agustus.  Akibatnya , pasar  timah rafinasi China diperkirakan akan tetap ketat pada Juli ini. (wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE