Kabid Humas Polda Babel Benarkan Terduga Teroris Melarikan Diri

Firman    •    Jumat, 02 Juli 2021 | 13:43 WIB
Nasional
AS terduga teroris yang melarikan diri dari Mapolda Bangka Belitung.(ist)
AS terduga teroris yang melarikan diri dari Mapolda Bangka Belitung.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Kabar AS (44) warga Desa Kace Kecamatan Mendo Barat yang merupakan terduga teroris melarikan diri dari ruang tahanan Mapolda Bangka Belitung, Kamis (1/7/2021) dini hari, dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Bangka Belitung, Kombes (Pol) Drs A Maladi. 

Maladi mengatakan, kaburnya AS terduga teroris tersebut saat akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik, Kamis (1/7/2021) dinihari. 

"Ya, benar melarikan diri, dan kita berharap masyarakat agar tetap tenang dan tidak melindungi terduga AS, karena akan dikenakan UU Teroris apabila melindungi," ungkap Kombes Maladi, Jumat (2/7/2021) siang kepada wowbabel.com.

Ia juga menyampaikan, bagi masyarakat yang melihat ciri-citi terduga agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian.

"Jika melihat ciri-ciri terduga, seperti foto tersebut, agar melapor ke kepolisian terdekat dan kepada rekan-rekan wartawan dapat melaporkannya ke Humas Polda Babel," kata Maladi. 

Lanjutnya pihak Kepolisian saat ini terus melakukan pencarian terhadap AS.

"Polisi terus mengejar dan mencari AS terduga teroris," imbuh Kombes (Pol) Maladi.

Sebelumnya, informasi yang didapat AS  diamankan di Mapolda Bangka Belitung pada ruangan khusus Satgaswil Densus 88 AT dengan penjagaan ketat. 

Sekitar pukul 23.00 - 02.30 WIB tim penyidik melakukan interogasi terhadap AS dan rencananya akan dilanjutkan pemeriksaan di pagi harinya. 

AS dijaga empat anggota Satgaswil, yakni Bripda Tri Wahyudi, Bripda Hafis, Bripda Fadhil dan Bripda Yudha. Saat itu kondisi kaki AS diborgol dengan rantai, begitu juga dengan tangannya diborgol dengan ties. 

Sekitar jam 03.30 WIB anggota jaga mengecek ke dalam ruangan tahanan namun ternyata AS sudah tidak ada di tempat. Borgol rantai dan borgol ties kali sudah lepas tertinggal di lantai.

Aparat kepolisian langsung melakukan pencarian dan pengejaran yang melibatkan personel Satgaswil dan Jatanras serta Dit Intel Polda di sekitar Mapolda Bangka Belitung. Bahkan dilakukan penyisiran di seputaran belakang Mapolda Babel. 

Dari rekaman CCTV, diketahui AS melarikan diri sekitar pukul 03.00 WIB, keluar melalui jendela dan kabur ke daerah belakang Mapolda Babel. Hingga saat ini masih dalam pengejaran.

Seperti diberitakan sebelumnya Tim Densus 88 Mabes Polri menangkap dua orang terduga kasus teroris di Bangka Belitung. Masing-masing keduanya, AS warga Desa Kace Kecamatan Mendo Barat dan SS atau SU warga Gang Kuini Kelurahan Gajah Mada Kota Pangkalpinang. 

Mereka diamankan pada Rabu (30/6/2021) sekitar pukul 12.30 WIB di kediaman masing-masing.(fn/wb) 




MEDSOS WOWBABEL