Semi Final Euro 2020, Belgia Makin Matang

Abeng    •    Jumat, 02 Juli 2021 | 09:24 WIB
Sport
Logo Euro 2020.(net)
Logo Euro 2020.(net)


Komentar Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi


TIMNAS Belgia di EURO 2020 adalah yang paling matang. Hampir seluruh pemainnya ada di klub liga top dunia di Eropa. Mulai dari barisan depan hingga kiper. Lukaku striker Belgia baru saja membawa Inter Milan merebut scudetto. Iklim sepakbola Italia sangat dipahami oleh Lukaku.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Euro 2020 Hari Ini, Jumat 2 Juli 2021

Fase gruop, Belgia tampil meyakinkan. Tanpa kekalahan dengan 4 kali menang. Partai perdana Rusia disapu 3-0, menang dari Denmark 2-1. Lalu Finlandia disikat 2-0. Sandungan tim asuhan  Roberto Martinez ini saat menjamu Portugal di babak 16 besar. Juara Grup B ini menaklukkan juara bertahan Portugal 1-0 melalui gol tunggal Thorgan Hazard.

Belgia memiliki pemain lengkap di semua lini. Memang  Belgia  belum pernah juara. Tapi inilah  kesempatan mereka  untuk  menembus dominasi tim  langganan juara seperti Italia. Para pemain dalam status yang matang.  Kompososi emas yang pernah turun di Piala Dunia 2018.

Bagi Italia komposisi pemaian yang dimiliki Belgia ini sangat memusingkan Roberto Mancini.  Lukaku akan menjadi aktor utama Belgia merusak pertahanan Italai yang dikomondoi Chellini. Ingat, pertahan Juventus kerap diacak Lukaku.

Dari gaya permaianan Italia di babak fase group memanag lebih terbuka. Sedikit meninggalkan ciri  catenaccio sehingga Italia juga lolos dengan sempurna sampai perempaf final. Turki dihajar 3-0, kemenagan serupa dari Swiss dan menang tipis 1-0 dari Wales. Di babak 18 besar, Veratti dkk menumbangkan Austria 2-1. 

Sejak gagal di Piala Dunia 2008, Italia dibawah Mancini menandai kebangkitannya. Mancini  merobah gaya permainan Italia dengan menyerang dan bertahan sebagai sebuah tim yang solid. Terbukti Tim Italia mencetak lebih banyak gol dan kebobolan sedikit.

Namun tim yang dihadapi oleh Italia tidak setangguh yang dilewati Belgia. Para pemaian Italia hanya 30% yang pernah melakoni ajang kompetisi dunia. Berbeda dengan skuad Belgia.  Inilah batu ujian bagi Italia dengan mental juaranya. Apakah bisa mengatasi kematangan Belgia yang memiliki ambisi kuat mencatat sejarah juara pertama kalinya. (*)




MEDSOS WOWBABEL