Semi Final Euro 2020, Swiss Bisa Bikin Spanyol Ikuti Jejak Prancis

Abeng    •    Jumat, 02 Juli 2021 | 09:10 WIB
Sport
Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi.(wb)
Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi.(wb)


Komentar Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi


TIMNAS Swiss termasuk dalam kuda hitam pada Euro 2020. Tim ini lolos ke perempat final sebagai sebuah kejutan. Juara dunia Perancis dipaksa angkat koper pada babak 16 besar dalam drama adu penalti (5-4) setelah  kedua tim bermain imbang 3-3 hingga 120 menit.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Euro 2020 Hari Ini, Jumat 2 Juli 2021

Pada perempat final nanti malam, Swiss menghadapi mantan juara dunia Spanyol. Tim besutan Luis Enrique lolos setelah menaklukan Ceko pada babak ekstra 5-3. Kemenangan besar dengan perjuangan yang tak mudah setelah di 90 menit berhasil ditahan Modric Cs dengan skor 3-3.

Spanyol memang berada satu kalas di atas Swiss. Namun penampilan Matador dibabak fase group kurang meyakinkan. Matador ditahan imbang oleh Swedia dan Polandia. Lolos ke 16 besar menang 5-0 dari tim lemah Slovakia. Hingga menembus perempat final, setelah melalui  perpanjangan wkatu dari Kroasia.

Swiss di luar dugaan, sempat ditahan imbang oleh Wales pada laga perdana group, lalu kalah telak 0-3 dari Italia. Namaun kemudian bangkit merebut  kemenangan 3-1 dari Turki untuk tembus ke 16 besar.

Tak ada yang menduga saat menghadapi Prancis,  Haris Seferovic top skor tim Swiss memulangkan juara dunia Prancis.

Pola permaian Swiss kontra dengan Spanyol.  Swiss unggul dengan kekuatan dua sayapnya yang cepat. Gol Swis ke gawang Prancis berkat umpan dari sayap, senjata ini yang akan mematikan Spanyol jika tidak waspada.  

Sedangkan Spanyol mengandalkan pola serangan dari tengah. Dari tiga laga di fase group, pola ini mudah dipatahkan lawan. Apa lagi barisan belakang Swiss makin rapi dan kuat dalam pertarungan di lini belakang.

Spanyol hati-hati, memang menyandang gelar Juara Dunia 2012 dan Juara Eropa 2008. Tapi penyandang gelar juara di Euro 2020 sudah bertumbangan. Jerman, Portugal, dan Perancis buktinya.  

Swiss punya kenangan manis menghadapi Spanyol. Itu terjadi pada laga pertama di Grup H Piala Dunia 2010. Spanyol besutan Vicente del Bosque yang datang dengan status Juara Euro 2008, dan merupakan salah satu favorit juara, secara mengejutkan takluk 0-1 dari Swiss. Bisa melewati hadangan Swiss,  Morata dkk makin dekat ke tangga juara. (*)




MEDSOS WOWBABEL