Euro 2020: Inggris Sudah di Puncak, Waspada!

Abeng    •    Sabtu, 03 Juli 2021 | 14:24 WIB
Sport
Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi.(net)
Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi.(net)


Komentar Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi


KEMENANGAN 2-0 dari Jerman pada babak 19 Besar Euro 2021 bisa menjadi puncak permainan Inggris. Sebaliknya dengan Ukraina lawan yang dihadapi pada perempat final, adalah menuju  puncak permainannya.

Laga perempat final menghadapi Ukraina bisa menjadi penurunan performa tim asuhan Gareth Southgate. Oleh sebab itu, Ukraina yang tak pernah diungulkan, patut diwaspadai.

Baca Juga; Jadwal Siaran Langsung Perempat Final Euro 2020 Hari Ini, Sabtu 3 Juli 2021

Tipikal permainan Ukraina yang diasuh eks bintang AC Milan Andriy Sevchenko  tak mudah ditaklukkan. Mengandalkan pertahanan dan kecepatan justru tipe permainan yang tidak disukai oleh Timnas Inggris.

Inggris  turun di Euro 2021, didominasi wajah baru yang tak memiliki pengalaman bermain di level dunia. Tapi Timnas Inggris mereta disemua lini. Di fase grup, Inggris belum terkalahkan. Dengan dua kali menang dan sekali seri di fase grup. Ditambah kemenangan dari Jerman menjadi catatan penting kebangkitan Three Lion di ajang ini.

Barisan belakang sudah teruji tanpa kebobolan. Untuk di depan Hary Kane dan Rahem Sterling menjadi andalan. Sterling sudah mempersembahkan 3 gol dari 4 laga.

Namun Gareth Southgate menghadapi masalah besar mengenai pemain yang cidera dan akumulasi kartu di barisan belakang dan tengah yang sangat diandalkan Inggris. Cedera dialami Kieran Trippier. Pemain Atletico Madrid ini mengalami gangguan otot.

Inggris belum pernah meraih gelar juara Piala Eropa. Catatan terbaik Inggris di ajang bergengsi tersebut adalah menempati peringkat ketiga Euro 1968 yang hanya diikuti empat negara. Saatnya Inggris mencatat sejarah untuk menjadi juara.

Ukraina dan Inggris baru pernah sekali bertemu di putaran final Euro, yakni di fase grup Euro 2012. Waktu itu, Inggris menang 1-0 lewat gol tunggal Wayne Rooney.

Bagi Ukraina, Oleksandr Zinchenko pemain Manchester City menjadi kunci bagi Ukraina yang mengetahui permainan Inggris. Dia diharapkan mampu menerobos pertahanan Inggris yang solid.

Ukraina memiliki motivasi besar setelah lolos ke perempat final. Sevchenko mengakui  kemenangan atas Swedia adalah kado indah untuk publik Ukraina. Ia juga mengatakan, semangat anak-anak asuhnya tersebut merupakan dedikasi nyata perjuangan mereka sehingga bisa memenangkan pertandingan.

Ukraina saat ini makin termotivasi. Mereka lolos ke perempat final sekaligus membuat  catatan sejarah sehingga berambisi untuk terus menju tangga semi final hingga final. (*)




MEDSOS WOWBABEL