Tak Perlu Impor Sebab Stok Beras Aman

Tim_Wow    •    Jumat, 09 Juli 2021 | 15:44 WIB
Nasional
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan ketersediaan beras nasional saat ini aman sehingga tidak perlu dilakukan impor beras. Pemerintah juga tidak akan memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap sembako umum yang dikonsumsi masyarakat.

 “Impor beras dan PPN sembako umum itu tidak ada. Ini adalah pikiran-pikiran yang ada di sebagian pihak dan menjadi sebuah isu karena sampai sekarang ini pemerintah belum pernah merancang untuk kenaikan PPN sembako. Kalaupun itu ada pasti Menteri Pertanian tahu. Jadi jangan membuat petani resah,” ujarnya, dikutip dari laman resmi serkab.go.id  (8/7/2021). 

Mentan juga menegaskan kembali arahan Presiden  bahwa pemerintah tidak akan mengimpor beras

 “Presiden Jokowi pun sudah tegas mengatakan impor beras itu tidak ada.  Pemerintah tidak pernah membicarakan rencana impor beras dan kenaikan PPN sembako,”  ujarnya .

Alasan tidak diperlukan impor beras karena saat ini Indonesia memiliki cadangan beras yang cukup, baik yang ada pada pengendalian Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), penggilingan, dan pada penanganan pemerintah daerah (pemda).

Impor beras tidak diperlukan karena masa tanam II 2021 (kemarau basah) juga sudah dimulai dan panen pada pertengahan tahun berpotensi menambah stok pangan nasional.

Ketiga, stok beras saat ini di Perum Bulog dalam bentuk cadangan beras pemerintah sebesar 1,37 juta ton, di atas batas aman 1 juta ton, sementara stok beras komersial 13,969 ton. (wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL