Jelang Idul Adha 1442 H, Bangka Selatan Butuh 512 Ekor Sapi

Aston    •    Selasa, 13 Juli 2021 | 16:12 WIB
Lokal
Caption: Sapi kurban. (dok/wb)
Caption: Sapi kurban. (dok/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan memastikan kebutuhan daging Sapi untuk lebaran Idul Adha mendatang tercukupi. Sementara kebutuhan sapi untuk qurban mencapai 512 ekor atau 74,11 Ton. 

"Kebutuhan daging sapi pada saat Idul Adha Tahun 2021 diperkirakan sebanyak 512 ekor atau 74,11 ton, sementara persediaan kami ada 77,5 ton," kata Kepala Bidang Perternakan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan,  Nuruddin, Selasa (13/7/2021). 

Ia mengatakan, persedian sapi tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada di daerah setempat. Dengan stok yang ada pihaknya optimis kebutuhan masyarakat Bangka Selatan akan Sapi kurban tercukupi. 

Untuk memastikan kesehatan daging kurban aman di konsumsi masyarakat, pihak Perternakan sendiri telah menurunkan tim dokter hewan sejak beberapa pekan lalu untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Dokter hewan tidak ada hewan yang sakit dan hanya di berikan obat cacing agar hewan kurban aman di konsumsi manusia," ungkapnya. 

Dodo salah satu peternak Sapi di Tobaoali mengaku permintaan sapi untuk hewan qurban pada Idul Adha kali ini meningkat ketimbang tahun sebelumnya. 

" Alhamdulillah sampai saat ni  sudah terjual 30 ekor sapi, prediksi permintaan sapi untuk qurban tahun ini  naik sekitar 30 persen," tukas Dodo. (as/wb)



MEDSOS WOWBABEL