Tahun 2021, Dindik Basel Sebagai Pelaksana Dana DAK Fisik Sekolah

Aston    •    Kamis, 15 Juli 2021 | 16:18 WIB
Lokal
Caption: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sumadi. (dok/wb)
Caption: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sumadi. (dok/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Mulai Tahun 2021, pelaksanaan rehabilitasi dan pembangunan prasarana sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik di Kabupaten Bangka Selatan diambil alih oleh dinas pendidikan dan pelaksanaan bersifat kontraktual.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sumadi mengatakan bahwa kebijakan tersebut berdasarkan Petunjuk Operasional (Juknis) mengenai Dana Alokasi Khusus Fisik Reguler Bidang Pendidikan Tahun angggaran 2021 diatur pada Permendikbud Nomor 5 Tahun 2021.

" Kepala sekolah fokus pada proses pembelajaran dan tidak pada kegiatan rehabilitasi dan pembangunan prasarana," ujar Sumadi, Kamis (15/7/2021). 

Pelaksanaan DAK fisik sekolah Tahun 2021 ini dilaksanakan oleh dinas pendidikan bersifat kontraktual dan melibatkan dinas PUPR.  Dinas PUPR melakukan asesmen kerusakan bangunan untuk meningkatkan validitas data sarana prasarana sekolah. 

 "Tidak lagi dilaksanakan oleh sekolah melalui swakelola seperti tahun sebelumnya. Pelaksanaan dalam bentuk lelang atau PL (penunjukan langsung)," kata Sumadi. 

Adapaun menu dana alokasi fisik 2021 untuk Ketentuan sarana prasarana sekolah meliputi rehabilitasi dan pembangunan prasarana, yang mana meliputi rehab dan pembangunan ruang kelas, perpustakaan, ruang guru, toilet, laboratorium,RPS/ruang praktik, UKS, ruang keterampilan, rumah dinas guru, ruang ibadah, dan ruang pembelajaran inklusi. 

Sementara penyediaan sarana pendidikan meliputi pengadaan alat laboratorium dan peralatan praktik utama dan pengadaan media pembelajaran (termasuk APE) dan alat TIK. 

" Lelang sudah berjalan hampir 100 persen karena pada 31 Agustus sudah harus kontrak semua," tukasnya. (as/wb)



MEDSOS WOWBABEL