Amalan-amalan Sunah Sebelum Salat Idul Adha

Tim_Wow    •    Senin, 19 Juli 2021 | 16:42 WIB
Nasional
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Amalan sunah menjelang Hari Raya Idul Adha memiliki berbagai keutamaan yang luar biasa. Tidak hanya Puasa Arafah saja amalan sunah menjelang Idul Adha yang keutamaannya luar biasa. Masih ada beberapa amalan lainnya yang tak kalah menakjubkan untuk dilaksanakan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.

Amalan sunah menjelang Hari Raya Idul Adha menyediakan banyak pahala untuk yang mengerjakannya. Bahkan beberapa hal yang cukup mudah diterapkan.

Setidaknya ada enam enam amalan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan pada Hari Raya Idul Adha, yakni: 

Membaca Takbir 

Membaca takbir dilakukan pada malam Hari Raya Idul Adha, dari mulai tenggelamnya matahari hingga sebelum imam salat Ied naik ke mimbar untuk memulai kutbah. Umat Islam juga disunahkan untuk mengumandangkan takbir setelah sholat Salat Idul Adha hingga saat waktu Salat Ashar pada tanggal 13 Dzulhijjah alias hari akhir untuk tasyriq 

Mandi Sebelum Salat Idul  Adha  

Waktu sunah untuk mandi yakni pada dini hari sebelum subuh, atau setelah Salat Subuh pada tanggal 10 Zulhijah. Namun, yang lebih utama adalah mandi sesudah subuh di Hari Idul Adha agar badan dalam kondisi bersih dan segar sebelum berangkat menunaikan Salat Ied. 

Memakai Wangi-wangian 

Memakai wangi-wangian, memotong rambut, memotong kuku, serta menghilangkan bau tidak sedap. Hal ini dilakukan demi mendapatkan keutamaan pada Hari Raya Idul Adha. 

Mengenakan Pakaian yang Paling Bagus  

Mengenakan pakaian yang paling bagus, bersih sekaligus suci sangat dianjurkan pada saat Idul Adha. Namun, pakaian yang bersih dan suci juga sudah cukup. 

Berjalan Kaki Menuju Salat Ied

Saat berangkat ke masjid atau tempat untuk melaksanakan Salat Ied, hendaknya dengan cara berjalan kaki. Sedangkan bagi orang yang tidak mampu atau sudah berusia lanjut, bisa menggunakan kendaraan untuk menuju ke tempat salat.

Makan Usai Salat Ied

Pada Hari Raya Idul Fitri disunahkan untuk makan sebelum menyelenggarakan Salat Ied. Sementara ketika Hari Raya Idul Adha kesunahannya adalah makan setelah selesai melaksanakan Salat Ied.(bbs/*)






TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL