Gubernur Bangka Belitung Bangga, Getas Bangka Diekspor ke Singapura

ADVERTORIAL    •    Senin, 19 Juli 2021 | 21:16 WIB
Lokal
Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzladi Rosman melepas secara perdana ekspor Getas Ayu menggunakan jasa chargo Garuda Indonesia ke Singapura, Senin (19/7/2021) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang. (wb)
Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzladi Rosman melepas secara perdana ekspor Getas Ayu menggunakan jasa chargo Garuda Indonesia ke Singapura, Senin (19/7/2021) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang. (wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com  – Getas, makanan olahan dari ikan khas Bangka Belitung memasuki pasar ekspor. Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzladi Rosman melepas secara perdana ekspor Getas Ayu menggunakan jasa chargo Garuda Indonesia ke Singapura, Senin (19/7/2021) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Proses ekspor bisa terlaksana setelah hampir dua tahun pemilik usaha getas ini mengikuti pembinaan oleh Pemprov Bangka Belitung. Mulai dari pengolahan hingga pengemasannya yang harus memenuhi standar ekspor.

“Proses eksport hari ini merupakan akumulasi dari support yang diberikan kepada kami tanpa terputus. Kami sudah jadi binaan dari  Pemerintah  Provinsi Bangka Belitung dua tahun lalu. Kami dipersiapkan  untuk  siap begitu buyer kami temukan,” ujar Jhon pemilik merek Getas Ayu disela pengirim barang ke Singapura.

Selain kesiapan produk untuk ekspor, John mengatakan pihaknya pun  memenuhi segala regulasi tentang ekspor.  Di  sinilah  peran  dari  pemerintah provinsi salah satunya Dinas Kelautan dan Perikanan yang membimbing untuk  bisa  mendapat  Sertifikat Kelayakan Pengolahan(SKP) yang  disupervisi oleh tim dari karantina ikan.

“Mustahil kami bisa memenuhi regulasi itu kalau kami tidak didampingi atau disupervisi.  Jadi  lebih  banyak  peran dari pemerintah provinsi dan  stakeholder  lainnya,” ujar John.

Untuk sampai kepada proses ekspor, kata John tidak lah sederhana apalagi persoalan biaya pengiriman dari Bangka Belitung yang sangat mahal. Palagi untuk kelas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dikelola oleh John.  

Erzaldi Rosman pada kesempatan yang sama menyambut baik langkah Garuda Indonesia untuk membawa komoditas makanan khas Bangka Belitung ke luar negeri.

“Kita berupaya untuk memperbesar pelabuhan kita  dan bandara kita sebagai pusat ekspor. Allhamdulillah  Garuda menyambutnya. Ini  suatu  keberkahan  bagi provinsi kita dan menjadi awal bagi IKM dan UMKM  kita yang akan mengekspor produk-produknya," kata Erzaldi.

Erzaldi mengundang usaha-usaha 
lainnya tidak hanya getas  tetapi produk-produk  lainnya didorong untuk diekspor.  Namuan kendala bagi para pelaku IKM dan UMKM untuk ekspor terlebih dahulu diselesaikan, termasuk biaya pengiriman yang mahal.

 “Kalau tidak kita bimbing ini akan sangat sulit. Saya berharap dengan berhasilnya salah satu  perusahaan  yang dapat  kita  bimbing  dari awal dan menjadi suatu kebanggaan kita bahwa yang di eksport ini dijual di  Singapura  memakai  merk dan alamatnya adalah Bangka Belitung,  ini salah satu hal yang membedakan,” ujar Erzaldi.(adv/*) 






MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE