Harga Timah Menuju Rekor Baru 34.000 Dolar AS/Ton

Tim_Wow    •    Senin, 19 Juli 2021 | 13:18 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

LONDON, www.wowbabel.com -- Harga timah mencapai rekor tertinggi mendekati US$ 34.000 per ton. Ledakan konsumem elektronik dan kekhawatiran gangguan pasokan memicu harga timah sudah naik 65 persen sejak awal tahun. 

Timah yang diperdagangkan di London Metal Exchange (LME) mencapai level tertinggi US$33.800 per ton pada hari Jumat, naik lebih dari 1,5 persen dan melampaui level tertinggi sebelumnya US$33.600 per ton pada tahun 2011. 

Para pedagang dan analis khawatir gangguan pasokan timah di Asia dengan meningkatnya kasus varian Delta Covid-19 telah memperburuk masalah logistik dan pasokan yang membuat pasar makin ketat.

“Kenaikan timah terus berlanjut didorong oleh masalah logistik pengiriman dan tekanan pasokan dari Myanmar ,” kata Alastair Munro di broker Marex dikutip dari Reuters, Senin (19/7/2021).

Myanmar, produsen timah terbesar ketiga di dunia, sedang berupaya menahan laju peningkatan kasus Covid-19 dan krisis politik. Rwanda, produsen timah lainnya, memangkas staf hingga 50% sehingga mempengaruhi aktifitas penambang. 

“Ini adalah daftar peristiwa tanpa akhir yang terus memukul pasar timah,” kata Adam Slade, seorang analis di Roskill, bisnis Wood Mackenzie. Mengutip serangkaian penutupan kapasitas tahun ini.

"Pembukaan kembali beberapa pabrik peleburan akan mengurangi keketatan di pasar tetapi harga diperkirakan akan tetap di atas US$30.000 ton dengan harga dasar US$25.000, " kata Slade.

Slade menambahkan Harga kemungkinan akan lebih tinggi dalam waktu dekat dibandingkan dengan logam dasar lainnya. 

"Kami memperkirakan tren kenaikan harga timah akan terjadi di bulan-bulan mendatang, karena terbatasnya pasokan dari Indonesia, pemulihan permintaan di luar China dan latar belakang makro yang mendukung." ujarnya. (wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL