Ini Dia Kelonggaran Jika PPKM Darurat Direlaksasi

Tim_Wow    •    Rabu, 21 Juli 2021 | 10:55 WIB
Nasional
Presiden RI, Joko Widodo.(ist)
Presiden RI, Joko Widodo.(ist)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Sejumlah aturan yang akan dilonggarkan jika  Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dilakukan  dengan catatan  tren kasus Covid-19 menurun.

Berikut aturang  yang dilonggarkan ; 

1. Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan untuk buka hingga pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen. 

2. Pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan buka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

3. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen penjual voucher, pangkas rambut, penatu _(laundry)_, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lainnya yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 pengaturannya akan diatur oleh pemerintah daerah. 

4. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan dengan ketat sampai pukul 21.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 30 menit. 

5. Kegiatan yang lain pada sektor esensial dan kritikal baik di pemerintahan maupun swasta, serta terkait dengan protokol perjalanan akan dijelaskan secara terpisah.

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, pemerintah juga mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp 55,21 triliun berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sembako, bantuan kuota internet, dan subsidi listrik. Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro.

"Saya sudah memerintahkan kepada para menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak. Memang ini situasi yang sangat berat, tetapi dengan usaha keras kita bersama, insyaallah kita bisa segera terbebas dari Covid-19. Dan kegiatan sosial, kegiatan ekonomi masyarakat bisa kembali normal," kata Presiden Joko Widodo. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL