Nikel dan Timah Pemain Utama Kenaikan Harga Logam

Tim_Wow    •    Rabu, 21 Juli 2021 | 10:25 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

LONDON,www.wowbabel.com -- Harga logam dasar di London Metal Exchange (LME) dan Shanghai Futures Exchange (ShFE) bervariasi pada pagi hari Senin  hingga Rabu (21/7/2021).  Nikel dan timah sebagai pemain pasar logam yang menonjol akibat  gangguan pasokan yang makin parah.

Kontrak logam dasar paling aktif di Shanghai Futures Exchange juga beragam dan lebih terpolarisasi, dengan timah untuk kontrak Agustus naik 3,3% setelah pabrik peleburan timah di wilayah Yunnan  menerima pemberitahuan untuk mengurangi penggunaan listrik mereka sebesar 25% menyusul konfirmasi bahwa penjatahan listrik lebih banyak.

Kelanjutan kenaikan harga timah pekan ini terjadi hingga Rabu pagi bersama logam dasar lainya di  Pasar ShFE,  harga logam pulih dari aksi jual  di sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran kebangkitan Covid-19.  Logam dasar Shanghai semua ditutup lebih tinggi dalam perdagangan semalam. Tembaga naik 0,87%, seng meningkat 0,09%, aluminium bertambah 0,74%, nikel melonjak 0,31%,  dan timah naik 0,19%.

Di LME terjadi hal yang sama, tembaga naik 1,62%, aluminium naik 1,16%, timah naik 0,96%, timbal naik 1,86%, seng naik 0,14% dan nikel menguat 1,55%. 

"Reli satu tahun yang luar biasa dalam harga logam dasar terutama didorong oleh pemulihan COVID-19 yang cepat di China," ujar anakis Shippin News Worldwide, Selasa (20/7/2021).

Reli ini juga sebagian besar diperdagangkan di China.  Di pasar logam ShFE terjadi lonjakan volume logam sejak China keluar dari penguncian pada kuartal kedua tahun lalu.

"Nasib yang berbeda dari pasar China dan pasar internasional mencerminkan sifat pemulihan pandemi yang tidak seimbang hingga saat ini. Sementara pembuat kebijakan di Beijing sekarang mencoba untuk mengambil peluang yang dipicu oleh stimulus sedangkan seluruh dunia baru mulai mengambil momentum pemulihan," ujarnya. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL