Tambang Liar di Sungai Biang, Alikhan: Saya Gak Tahu dan Tidak Ada Laporan

Chairul Aprizal    •    Kamis, 22 Juli 2021 | 20:05 WIB
Lokal
Barang bukti tambang liar yang diamankan dari kawasan Sungai Biang.(rul/wb)
Barang bukti tambang liar yang diamankan dari kawasan Sungai Biang.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Desa Air Gantang, Alikhan, mengaku tidak pernah tahu jika di Sungai Kebiang Dusun Penganak Desa Air Gantang itu ada aktivitas tambang dengan alat berat.

Menurut Alikhan, selama ini tidak ada warga yang melaporkan adanya aktivitas penambangan, sehingga dirinya tidak mengetahui persoalan itu.

"Kalau mengenai alat-alat (pengamanan-red) sebaiknya ke polisi bukan urusan saya. Saya gak tahu, tidak ada laporan, tidak ada pemberitahuan," kata Alikhan saat dihubungi via ponsel, Kamis (22/07/2021).

Ditambahkan Alikhan, dirinya tidak mengetahui telah terjadi penambangan liar di kawasan HL, dimana barang bukti serta seorang tersangka sudah diamankan oleh Polres Bangka Barat.

"Sungai Kebiang itu bukan wilayah Air Gantang, Sungai Kebiang itu masuk wilayah Ketap. Konfirmasi dengan Indra (Kadesnya-red), batas wilayah kalau darat itu kan seberang sininya Kebiang itu kita, kalau sebelah sananya itu masuk ke Ketap, batasnya Sungai Kebiang itu," terang Alikhan.

Alikhan menyayangkan adanya aktivitas penambangan dan tidak adanya laporan dari warga sehingga pihaknya tidak dapat mendata serta tidak tahu warga yang menambang dari mana.

"Para penambang hampir tidak pernah lapor dengan kades kalau ada tentu kita nasehati. Intinya gini kita menyuruh tidak, melarang juga tidak, karena kapasitas kepala desa itu sebagai pelaksana administrasi pemerintahan bukan penegak hukum, " jelasnya.

Alikan menyebutkan jika dilaporkan setidaknya pihak desa tahu bahwa ada yang beraktivitas di wilayahnya tapi untuk izin pertambangan ada di Dinas Provinsi Bangka Belitung.

"Kurang tahu juga (penduduk mana-) kepastian penduduk kita itu dibuktikan dengan KTP. Tidak tahu tentang aktivitas penambangan itu," tukas Alikhan.

Diberitakan sebelumnya, pihak Polres Bangka Barat dikabarkan telah mengamankan seorang penambang ilegal dan satu unit alat berat di kawasan  hutan lindung Sungai Kebiang Dusun Penganak, Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Senin  (19/07/2021).(rul/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL