Zona Merah di Bangka Belitung Bertambah, Pemda Diminta Perketat Prokes

Tim_Wow    •    Kamis, 22 Juli 2021 | 16:30 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Jumlah wilayah zona merah Covid-19 di Indonesia termasuk di Bangka Belitung naik dari pekan lalu. Berdasarkan data yang dihimpun Satgas Covid-19 per 18 Juli 2021 ada penambahan  dua kabupaten di Babel. Kabupaten  Belitung Tinur satu-satunya yang masih bertahan. Kerjasama seluruh komponen masyarakat bisa mengatasi kondisi ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Data dari Satgas Civid-19 di Kepulauan Bangka Belitung, kabupaten/kota yang berstatus zona merah yakni Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, dan Kota Pangkalpinang.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan angka Keterisian Tempat Tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) Rumah Sakit di Babel di atas rata-rata nasional diakibatkan keterlambatan pihak rumah sakit daerah dalam mengonversikan kapasitas tempat tidurnya untuk rawat inap penderita Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Erzaldi usai  video conference Penanganan Pandemi Covid-19 yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo di Ruang Kerja Gubernur, Senin (19/7) lalu.

"Sesuai instruksi Presiden, zona merah harus dikonversikan sebesar 40 persen dari kapasitas tempat tidurnya untuk pasien covid, sementara zona oranye minimal 30 persen, dan zona hijau 20 persen. Di Babel terdapat daerah yang belum mengkonversikannya, seperti Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang," jelasnya.

Erzaldi sepakat dengan Presiden yang menginstruksikan penyediaan ruang isolasi hingga level kelurahan/desa. Tentunya dengan memperketat dan mendisiplinkan masyarakat  menjalankan protokol kesehata akan sangat membantu menanggulangi penyebaran Covid-19 di tanah air. 

"Itu semua butuh kerja keras kita bersama. Harapan saya kepada bupati dan wali kota di Babel, mari kita bersama-sama mengedukasi dan memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat kita. Jangan sampai nanti daerah kita naik menjadi PPKM Level 4 atau PPKM Darurat," ungkapnya. (*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL