Erzaldi Tak Ingin Masyarakat Tambah Sulit Saat Babel PPKM Level 4

ADVERTORIAL    •    Sabtu, 24 Juli 2021 | 21:52 WIB
Nasional
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

PANGKALPINANG --Pemerintah pusat menetapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk Kabupaten  Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. PPKM Level 4 di tiga kabupaten ini mulai 26 Juli 2021 akan dilakukan pengetatan kegiatan masyarakat.

"Pusat sudah memberlakukan  PPKM Level 4 di Bangka Barat, Belitung, dan Belitung Timur. Mulai Senin sampai Selasa, kita sosialisasi dan Rabu dilakukan PPKM," kata Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Sabtu (24/6/2021) malam.

Tiga kabupaten di Provinsi Babel ditetapkan PPKM Level 4 bersama 45 kabupaten/kota dari 21 provinsi di luar Jawa-Bali. Meski dilakukan pengetatan, Gubernur Erzaldi tetap mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak terutama pertimbangan ekonomi masyarakat.

"Sebagai gubernur, saya mengambil kebijakan dengan mendengar masukan dari berbagai pihak, termasuk Ketua PHRI Pak Bambang Pati Jaya menyangkut faktor ekonomi masyarakat saat diberlakukan PPKM. Kita sesuaikan lagi jangan sampai masyarakat kita tambah sulit," ujar Erzaldi.

Segala bentuk bantuan kepada masyarakat segera disiapkan dan didistribusikan ketika PPKM level 4 di dijalankan. 

"Jadi Rabu diberlakukan, tiga hari sebelumnya kita sosialisasikan. Segala bentuk bantuan untuk masyarakat disiapkan," ujarnya.

Sesuai dengan keputusan Koordinator PPKM luar Jawa-Bali Luhut Panjaitan pembatasan dalam PPKM Level 4 diantaranya kegiatan pasar tradisional hanya 50% dari kapasitas dan jam buka dibatasi. Kegiatan perkantoran 100% Work From Home (WFH), kegiatan belajar tatap muka 100% daring, tempat hiburan, mall, dan pusat perbelanjaan tutup 100%. Kegiatan di rumah ibadah dibatasi. Sedangkan rumah makan, restoran hanya melayani untuk dibawa pulang.

"Tadi ada usulan dari Belitung dan Belitung Timur untuk perayaan pesta perkawinan ditiadakan selama PPKM level 4. Daerah lainnya kita akan dengar masukannya. Khusus restoran dan rumah makan kita modifikasi tetap buka dengan kapasitas 50 persen dan jam buka sampai pukul 20.00 mengingat dampak ekonominya. Demikian pula dengan tempat ibadah hanya untuk kapasitas 50 persennya saja," kata Erzaldi.

Erzaldi mengimbau masyarakat diminta untuk mematuhi aturan PPKM ini dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan ada penindakan oleh aparat yang bertugas bagi yang melanggar. (*)



MEDSOS WOWBABEL