Diskursus Utilitarianisme Hukum: Menyoal Arogansi Aparat Dalam Penegakan PPKM

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 27 Juli 2021 | 22:05 WIB
Opini
Andri Yanto (Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung).(ist)
Andri Yanto (Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung).(ist)


Oleh: Andri Yanto (Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung)


Perlu menjadi catatan, bahwa aparat penegak hukum pada hakikatnya bukanlah “aparat negara” atau “aparat pemerintah”, melainkan adalah “aparat rakyat”. Negara hanya menfasilitasi dan mengorganisir, sedangkan semua aliran dana yang digunakan untuk menjalankan keseharian, gaji, tunjangan profesi dan bahkan biaya penegakan PPKM itu sendiri, semuanya berasal dari rakyat. 

Pandemi COVID-19 masih terus menghantui Bangsa Indonesia. Per Juli 2021, lebih dari 3 juta kasus terkonfirmasi dengan angka pertambahan harian mencapai diatas 40.000 jiwa. Jumlah kematian yang tercatat hingga saat ini telah membumbung hingga 86.835 jiwa. Angka-angka yang terus bertambah tersebut bukanlah sekedar statistik, karena tiap satuanya mewakili satu jiwa manusia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia sejak awal potensi pandemi merebak sekitar Maret tahun lalu hingga saat ini. Mulai dari pengambilan kebijakan lockdown wilayah, PSBB, PSBB Transisi, PPKM, PPKM Darurat, PPKM Mikro dan terakhir, PPKM Level 1-4. Apapun kebijakan yang diambil, pada hakikatnya berorientasi pada satu tujuan fundamental yakni menekan pernyebaran pandemi COVID-19 untuk memberi ruang hidup bagi ekonomi dan pembangunan tetap berjalan.

Pemberlakuan PPKM yang diinisiasi pemberalakuanya sejak awal Juli lalu hingga 2 Agustus mendatang menimbulkan berbagai pro dan kontra dalam masyarakat. Ketentuan-ketentuan dalam PPKM yang mengharuskan penutupan parsial sumber-sumber penghasilan masyarakat berakhir dengan protes menentang kebijakan pemerintah. Permasalahan terkait penerapan PPKM tidak hanya berkutat pada substansi dari PPKM itu sendiri, tetapi juga pada cara aparat penegak yang ditenggarai kerap mengandalkan arogansi.



MEDSOS WOWBABEL