PPKM Level 4 Bangka Barat Diperpanjang Jika Angka Covid-19 Tak Juga Turun

Chairul Aprizal    •    Selasa, 27 Juli 2021 | 20:21 WIB
Lokal
Tim gabungan melakukan sosialisasi PPKM Level 4 kepada para pedagang di Kota Muntok, Bangka Barat. (ist)
Tim gabungan melakukan sosialisasi PPKM Level 4 kepada para pedagang di Kota Muntok, Bangka Barat. (ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Bangka Barat terancam diperpanjang jika dalam satu minggu tidak terjadi penurunan kasus Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat Sidarta Gautama  mengatakan sejak tadi Senin (26/07/2021) malam, Tim Gabungan TNI/Polri dan Satpol PP sudah lakukan upaya edukasi kepada masyarakat.

"Ke seluruh pedagang baik itu pertokoan yang bersifat pertokoan sedang seperti minimarket yang ada di Kota Muntok, kemudian tadi pagi kita juga sudah melakukan vidcon dengan seluruh camat dan kapolsek serta danramil bahwa hari ini pun kecamatan di seluruh Kabupaten Bangka Barat menyampaikan hal yang sama," ungkap Sidarta, Selasa (27/07/2021).

Sidarta menuturkan sejak kemarin sampai hari ini Tim Satgas Covid-19 masih dalam tahap mengedukasi masyarakat dan menyampaikan butir-butir yang perlu disepakati dan dipatuhi masyarakat baik kalangan pedagang, pengusaha, perkantoran dan komunitas.

"Dan Alhamdulillah sepanjang pantauan saya pada saat saya dengan pak sekda turun, masyarakat mau memahami kondisi ini, masyarakat berharap tidak ada penambahan waktu dari tujuh hari itu," tutur Sidarta.

Sidarta menegaskan jika memang tidak ingin adanya penambahan waktu PPKM Level 4 maka seluruh masyarakat dan pemerintah harus mematuhi protokol yang sudah ditetapkan dalam aturan PPKM Level 4 tahap pertama ini agar dapat menurunkan kasus Covid-19.

"Tolak ukurnya adalah penurunan kasus, kalau penurunan kasus itu tidak terjadi bahkan yang terjadi adalah sebaliknya sangat tidak mustahil kita bisa ditambah lagi jadi masa PPKMnya" ungkap Sidarta.

Jika terjadi penurunan kasus yang signifikan dalam PPKM Level 4 selama seminggu ini dengan kondisi yang dipatuhi bersama maka bisa diakhiri hanya cukup satu minggu saja.

Dijelaskan Sidarta, status PPKM Level 4 ini adalah yang paling ketat pembatasannya dari segala sisi, baik pengaturan di instansi pemerintahan, perkantoran maupun sektor esensial dan masyarakat.

"Kita tahu bahwa di beberapa wilayah Pulau Jawa baik seperti Jabotabek itu PPKM mikro, PPKM darurat saja dilakukan 14 hari. Sedangkan kita di dalam wilayah Kepulauan Bangka Belitung ini dilaksanakan dalam satu minggu atau 7 sampai 8 hari," kata Sidarta.

Sidarta meminta kesediaan masyarakat untuk bekerjasama guna mengakhiri semua permasalahan Covid-19 yang melilit Bangka Barat saat ini karena tidak mungkin hanya pemerintah saja yang menggebu-gebu untuk menuntaskan ini jika masyarakat tidak memberikan respon.

"Kalau pengen ini segera diakhiri ayo satu minggu ini kita maksimalkan betul, mudah-mudahan satu minggu ini selesai  kita sudah masuk kembali zona hijau. Dalam pekan depan kita sudah bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa, jadi berhasil atau tidak satu minggu ini itu bergantung dari kita semua," tutupnya.(rul/wb) 



MEDSOS WOWBABEL