Setiap Hari, Sebanyak 305 Warga di Bangka Barat Bakal Diswab Antigen

Chairul Aprizal    •    Selasa, 27 Juli 2021 | 21:18 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Tidak hanya yang kontak erat Covid-19 saja tapi masyarakat Bangka Barat yang mengalami demam, dan gejala seperti batuk akan dilakukan swab antigen saat penerapan PPKM level 4 di Kabupaten Bangka Barat.

Ketua Satgas Covid-19 Bangka Barat Sidarta Gautama mengatakan syarat dalam PPKM Level 4 perlu melakukan swab antigen kepada masyarakat secara acak sebanyak 305 orang setiap hari.

"Dan juga satu lagi yang mungkin tidak banyak masyarakat tahu bahwa di level 4 itu tracing kita itu harus memenuhi syarat jadi minimal setiap hari itu 305 orang yang dilakukan tracking pengambilan sampel," ungkap Sidarta, Selasa (27/07/2021).

Sidarta menyebutkan dari 305 orang setiap hari yang diswab itu akan dibagi ke masing-masing enam kecamatan di Bangka Barat.

"Jadi setiap Puskesmas itu harus melakukan tracking sebanyak itu  dalam 1 harinya, kita harus memenuhi persyaratan itu,  penekanan kasus dan penyebarannya itu bisa kita antisipasi,” terang Sidarta.

Hal ini diakui Sidarta sudah menjadi syarat pertimbangan bahwa suatu daerah sudah melaksanakan kaidah-kaidah pada penerapan PPKM Level 4.

"Baik itu yang lahir dari kontak erat yang terkonfirmasi positif atau dari orang yang bergejala, tidak harus yang melalui terkonfirmasi positif dan kontak erat karena tidak semua kecamatan kebetulan pas ada kasus gitukan," jelasnya.

Ditambahkan Sidarta, setiap ada masyarakat yang demam dan ada yang berobat maka itu yang perlu juga dilakukan swab.

"Kemarin itu tidak seperti itukan, kalau dalam kondisi normal semuanya di observasi yang mengarah ke arah sana atau ada riwayat kontak baru dilakukan, kalau ini semua harus dilakukan sebanyak mungkin orang yang berobat yang bergejala yang demam semua dilakukan tracing supaya diketahui sedini mungkin cakupan sebaran dari penularan itu," tuturnya.

Sidarta menerangkan pihak Dinkes Bangka Barat dalam rangka memenuhi syarat 305 swab setiap hari itu sudah menyiapkan logistiknya.

"Jadi itu ada wacana ke sana (razia dan swab secara acak-red) dengan Pak Wabup kami sedang bicarakan teknis itu mungkin atau tidak memungkinkan langsung dilaksanakan di tempat gitu ya," katanya.(rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL