Walikota Minta Bantuan Gubernur Bantu Atasi Covid di Pangkalpinang

ADVERTORIAL    •    Selasa, 27 Juli 2021 | 10:06 WIB
Lokal
Usai memberikan bantuan beras PPKM di Kantor Lurah Lontong Pancur, Pangkalpinang
Usai memberikan bantuan beras PPKM di Kantor Lurah Lontong Pancur, Pangkalpinang

PANGKALPINANG, wowbabel.com  - Walikota Pangkalpinang meminta kepada Gubernur Bangka Belitung  Erzaldi Rosman untuk membantu penanganan Covid-19 dan  persiapan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).  Pangkalpinang termasuk daerah PPKM level 3 sehingga harus dilakukan pengetatan kegiatan.

Keluhan  Walikota  Maulan Aklil saat rapat  dengan Gubernur,  Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Danrem 045 Garuda Jaya Jangkung Widyanto, beserta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemprov. Babel dan Pemkot Pangkalpinang, Senin (26/6/2021).

Maulan Aklil menyampaikan  keterbatasan fasilitas kesehatan dan alat penanganan Covid-19 yang ada di Pangkalpinang. Selain harus melayani warga kota, fasilitas rumah sakit di Pangkalpinang juga melayani pasien rujukan dari kabupaten sehingga  kewalahan  mengatasi lonjakan kasus.

"Kami minta tolong Pak Gub, karena kami juga harus menerima pasien rujukan dari kabupaten yang berbatasan langsung dengan kami seperti Bangka dan Bangka Tengah. Gitu juga dengan reagen Pak," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangkalpinang, dr Masagus Hakim mengungkapkan Pangkalpinang hanya memiliki tiga rumah sakit untuk penanganan covid, sehingga adanya keterbatasan pada jumlah kasur. Hal ini memaksa mereka untuk meminta kepada rumah sakit swasta membuka ruangan. "Bahkan kita sudah mendirikan tenda darurat di  rumah sakit swasta untuk menampung para pasien covid. 

Gubernur Babel, Erzaldi pun menanggapi keluhan ini dengan menginstruksikan Kadinkes Babel Andri Nurtito untuk berkonsolidasi dengan Pemkab Bangka dan Bangka Tengah untuk meningkatkan sarana fasilitas kesehatan dengan meningkatkan bor (bed of ratio)  rumah sakit.

 "Silakan Pak Andri untuk daerah kabupaten yang berbatasan dengan Pangkalpinang untuk mengkonversikan tempat tidur untuk covid," kata gubernur.

Gubernur juga ingin memastikan ketersediaan oksigen di rumah sakit penanganan covid dapat terpenuhi. "Kita berusaha bersama-sama, karena kita sebagai pemerintah harus bertanggung jawab semata-mata bekerja dengan keikhlasan. Semoga dengan kerja sama kita ini bisa mengkondisikan covid ini melandai di daerah kita," kata Erzaldi menutup rapat. (wb) 



MEDSOS WOWBABEL