SNNU Bangka Terima Bantuan Pembuatan Rumpon dari PT Timah Tbk

ADVERTORIAL    •    Rabu, 28 Juli 2021 | 16:09 WIB
Lokal
Penyerahan bantuan untuk pembuatan rumpon bagi SNNU Bangka dari PT Timah Tbk.(ist)
Penyerahan bantuan untuk pembuatan rumpon bagi SNNU Bangka dari PT Timah Tbk.(ist)

SUNGAILIAT,www.wowbabel.com -- PT Timah Tbk menyerahkan bantuan pembuatan dan penebaran rumpon kepada Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Cabang Bangka, Rabu (28/7/2021). 

SNNU Bangka yang menaungi para nelayan akan berkolaborasi dengan Polman Babel untuk membuat rumpon ikan apung yang akan ditebarkan di perairan Sungailiat, Bangka. 

Bantuan pembuatan rumpon ini merupakan CSR PT Timah Tbk dalam memberdayakan masyarakat nelayan, sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan. 

Ketua SNNU Kabupaten Bangka, Lukman mengatakan SNNU memiliki progam penebaran 100 rumpon. Untuk itu, pihaknya berkolaborasi bersama PT Timah untuk membuat rumpon yang nantinya akan menjadi rumah ikan.

"SNNU punya program menebar 100 rumpon, tahap pertama sudah kita lakukan. Ini tahap kedua kita ajukan kerjasama  PT Timah Tbk, Alhamdullillah disetujui melalui CSR nya. Jadi selain pemberdayaan masyarakat juga sekaligus bentuk reklamasi laut yang dilakukan PT Timah," ungkap Lukman.

Menurut Lukman, nantinya rumpon ini akan dikerjakan oleh nelayan, anggota SNNU Bangka dibantu dengan Polman Babel. Rencana mereka akan membuat tiga unit rumpon apung dan 30 unit karang buatan. 

"Rumpon yang dibuat ini akan kita modifikasi dari rumpon yang biasa dibuat nelayan. Kalau biasa nelayan buat dengan daun kelapa, pisang atau ilalang dengan pemberat pasir. Yang akan kita buat ini nanti pemberatnya menggunakan gorong-gorong sehingga bisa untuk terumbu karang. Jadi bisa untuk ikan bawah dan ikan atas, dan bentuknya apung," tutur Lukman.

Ia menyebutkan, selama ini nelayan hanya membuat rumpon sendiri. Biaya yang dikeluarkan juga cukup besar, sehingga nantinya dengan rumpon ini dapat membantu nelayan. 

"Biasa nelayan bikin masing-masing ongkosnya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1juta. Dengan adanya bikin rumpon seperti ini kan sangat membantu nelayan," imbuh Lukman.

Diungkapkan Lukman, semakin banyak rumpon yang ditebar akan memberikan manfaat yang besar bagi nelayan lantaran akan meningkatkan hasil tangkapan nelayan dan juga dapat mengurangi jarak tempuh nelayan dalam mencari ikan menjadi lebih dekat.

"Untuk penebaran rumpon kita berkoordinasi dengan Tim PT Timah, jaraknya 4 mil dari bibir pantai. Karena rumpon ini memang diperlukan nelayan sehingga tidak perlu jauh lagi cari ikan," kata Lukman.

Lukman berharap, sinergi dan kerjasama PT Timah Tbk dengan SNNU Cabang Bangka dapat terus berlanjut, sehingga semakin banyak nelayan yang dapat merasakan manfaatnya. 

"Kita berharap PT Timah bisa mendukung kegiatan nelayan seperti pembuatan dan penenggelaman rumpon ini. Semoga PT Timah bisa terus diajak bekerjasama," harapnya.(adv/*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE