Dianggarkan Rp 8 M, Jalan New Port Pangkalpinang Segera Dibangun

Hendri Dede PKP    •    Kamis, 29 Juli 2021 | 13:24 WIB
Lokal
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Suparlan.(hen/wb)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Suparlan.(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --  Akses jalan utama menuju pelabuhan baru atau New Port Pangkalpinang, kini sudah memasuki tahap pengerjaan. Dibangunnya akses jalan ini untuk mendorong perencanaan dari rencana pengembangan pelabuhan tersebut.

Keberadaan pelabuhan baru ini rencananya akan dibangun di sekitaran Jembatan Emas, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

"Jadi jalan New Port itu memang utamanya untuk pelabuhan, jika jalan sudah jadi maka aksesnya akan lancar untuk tahap pertama ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Suparlan, Kamis (29/7).

"Progresnya sekarang kurang lebih sekitar lima persen. Untuk kendala tidak ada, karena itu memang lahan aset pemkot," ungkapnya.

Anggaran yang digelontorkan pada  tahap pertama untuk pembangunan akses jalan ini sebesar Rp 8 miliar dari total keseluruhannya Rp 64 miliar. Namun terkendala anggaran, maka akses jalan itu dikerjakan secara bertahap.

"Pengerjaan sudah mulai dilakukan, anggarannya sebesar Rp 8 miliar," imbuh Suparlan.

"Anggaran keseluruhannya Rp 64 miliar, tapi karena duit kita (pemkot-redd) tidak ada maka dibangun bertahap atau jalan sebelahnya dulu, kan nanti dua jalur. Tahap pertama ini jalur masuk dulu," jelas dia.

Tidak hanya akses untuk menuju pelabuhan, kata Suparlan, direncanakan akses jalan tersebut juga akan tersambung langsung menuju kawasan Pantai Pasir Padi.

"Sekaligus sebagai penunjang akses pariwisata. Tapi pengerjaannya bertahap," tutur  Suparlang.

"Masalah jadi atau tidaknya jelasnya program sudah ada," ujarnya, saat disinggung kapan akan terealisasinya pelabuhan tersebut.(hen/wb)




MEDSOS WOWBABEL