Menambang di KP Milik PT Timah Tbk, Ratusan Ponton TI Liar Ditertibkan

ADVERTORIAL    •    Kamis, 29 Juli 2021 | 18:56 WIB
Nasional
Aktivitas tambang liar di konsesi PT Timah Tbk kawasan Perairan Selindung, Bangka Barat.(ist)
Aktivitas tambang liar di konsesi PT Timah Tbk kawasan Perairan Selindung, Bangka Barat.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Ratusan ponton TI liar yang beroperasi di perairan Selindung, Bangka Barat, Kamis (29/7/2021) ditertibkan oleh tim gabungan.

Ratusan ponton TI liar ini beroperasi secara ilegal di beroperasi di wilayah konsesi milik PT Timah Tbk. Namun saat penertiban berlangsung ratusan ponton TI tersebut terlihat tidak beraktivitas, seolah-olah kegiatan penertiban sudah bocor.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar Baswedan mengatakan, PT Timah Tbk bersama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) mengamankan tambang tanpa izin yang beroperasi di wilayah konsesi perusahaan.

"Perusahaan sebelumnya sudah melakukan pengamanan konsesi di wilayah Bangka Selatan. Hari ini kembali mengamankan konsesi dari tambang tanpa izin di IUP PT Timah Tbk di daerah Laut Selindung, Bangka Barat," kata Abdullah, Kamis (29/7/2021) dalam rilisnya.

Di lokasi tersebut ditemukan sekitar 100 unit ponton yang beroperasi di wilayah IUP PT Timah Tbk. Berdasarkan informasi yang dihimpun, setidaknya satu ponton menghasilkan sekitar 1 ton per bulan.

“Bisa dibayangkan berapa kerugian yang ditimbulkan, jika satu ponton ini menghasilkan satu ton perbulan. Berarti ada 100 ton potensi cadangan timah yang hilang setiap bulan dari aktivitas penambangan tanpa izin ini,” ungkap Abdullah.

Ditegaskan  Abdullah, pihaknya bersama tim gabungan  Aparat Penegak Hukum akan melakukan pendataan kepemilikan setiap ponton, sehingga hal ini tidak terus terulang. 

“Sayangnya, setiap ada pengamanan seperti ini malah banyak yang enggak beroperasi, seperti ada kebocoran informasi kalau akan ada tim gabungan datang ke sini. Harusnya, semua pihak dapat bersinergi untuk tidak membiarkan aktivitas penambangan tanpa izin ini terus terjadi,” tuturnya.

Kedepan, PT Timah Tbk akan terus melakukan pengamanan dari tambang tanpa izin di wilayah konsesi perusahaan seperti di Bangka Barat, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung. 



MEDSOS WOWBABEL