DKP Babel Bakal Sulap Pelabuhan Muara Sungai Baturusa jadi Pelabuhan Modern

Tim_Wow    •    Jumat, 30 Juli 2021 | 11:06 WIB
Lokal
Layout kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai  Muara Sungai Baturusa (ist)
Layout kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Muara Sungai Baturusa (ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera memulai pembangunan dan penataan kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Muara Sungai Baturusa. Pembangunan kawasan pelabuhan akan didesain dengan konsep modern untuk mendukung pariwisata.

Sekretaris DKP Bangka Belitung, Arief Febrianto menjelaskan sudah saatnya pembangunan pelabuhan berorientasi pada estetika, higienitas dan kenyamanan. 

"Selama ini kawasan pelabuhan dikenal kumuh, jorok dan bau. Ini yang pelan- pelan mau kita ubah. Saatnya kita bangun kawasan pelabuhan ini menjadi lebih rapi, indah dan tertata, sehingga keberadaan pelabuhan bisa mendukung dan  menjadi ikon wisata di Pangkalpinang dan Bangka Belitung," tutur Arief saat memberikan sosialisasi tahap akhir kepada penghuni, pengguna lahan dan para pemilik kios dan gudang pelabuhan di Kawasan Pelabuhan Muara Sungai Baturusa, Kamis (29/07/2021) siang.

Sesuai rencana Pemprov Bangka Belitung awal Agustus 2021 akan  mulai memobilisasi alat berat, adapun pembangunan perikanan pelabuhan pantai ini dilakukan secara bertahap. 

“Nantinya kawasan pelabuhan ini akan bertransformasi menjadi kawasan pelabuhan modern dan bersih, Alhamdulillah semua pihak sudah setuju dan mendukung perubahan besar ini,” imbuh Arief.

Sementara itu Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Bangka Belitung, Iksan Afrizal menjelaskan pembangunan pelabuhan akan dilaksanakan secara bertahap dari keseluruhan rencana pembangunan. 

"Total area P3 yaitu seluas 5,2 hektar akan dibangun bertahap dengan berbagai fasilitas, diantaranya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) modern, kantor sentra bisnis, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), outdoor foodcourt, kios, dan gudang. Insya Allah akhir Desember untuk bangunan tahap pertama bisa selesai,” ungkap Iksan.  

Lebih jauh ia menjelaskan masyarakat atau penyewa yang terkena dampak pembangunan akan diperioritaskan untuk mendapatkan kios atau pun gudang sesuai data yang ada.

Pada kesempatan itu, salah satu penyewa kios di kawasan pelabuhan, Syamsu menyambut baik rencana pembangunan pelabuhan. 

"Sudah sejak dulu saya pinginnya dibangun dan ditata ulang, karena di depan kios saya drainasenya parah sekali, becek dan baunya minta ampun, ada rencana dibangun jelas kami setuju dan mendukung sekali," ujar Syamsu.  

Ia juga meminta agar  pembangunan drainase menjadi perhatian khusus. "Drainase ini harus diperhatikan kalau bisa pak, kalau ini nggak betul bikinnya bisa jadi becek dan bau lagi jadi mohon jadi perhatian," tutur Syamsu.

Sebelumnya Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi  Rosman juga telah berdialog dengan pelaku usaha yang ada di kawasan pelabuhan untuk menggali masukan dan saran untuk pembangunan kawasan pelabuhan. perikanan pantai Muara Sungai Baturusa. Adapun pembangunan kawasan Pelabuhan Muara Sungai Baturusa dianggarkan sebesar Rp 33,3 miliar  yang berasal dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur. (rill/wb)



MEDSOS WOWBABEL