Gubernur Minta Geosite Bangka Barat Sebagai Pusat Geopark di Bangka

ADVERTORIAL    •    Selasa, 03 Agustus 2021 | 21:08 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman (ist)
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman (ist)

PANGKALPINANG,wowbabel.com -- Percepatan pengusulan geopark Bangka Barat menjadi warisan geologi  (geo heritage) terus dikejar. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meminta agar cakupan usulan Geopark Bangka Barat dapat diperluas di sejumlah geosite lainnya di Pulau Bangka utuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

Menanggapi permimtaan Kementerian itu, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman akan mendukung verifikasi ke seluruh wilayah Pulau Bangka dengan tetap menjadikan Kabupatan Bangka Barat sebagai pusat geopark.

"Saya minta Bangka Barat tetap menjadi pusat geopark mengingat  Bangka Barat yang mengajukan. Jika memang harus verifikasi seluruh wilayah Babel, saya tetap akan mendukung. Beberapa situs geologi (geosite) yang ada di Kabupaten Bangka Barat untuk ditetapkan sebagai warisan geologi,"  kata Erzaldi dalam Rapat Koordinasi  Pembahasan Hasil Verifikasi Usulan Geosite Kabupaten Bangka Barat secara virtual di Ruang Rapat Gubernur Babel, Selasa (3 /8/2021).

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa warisan geologi merupakan bagian terpenting dalam upaya mewujudkan Warisan Geologi Bangka Barat menjadi Geopark Nasional.

Gubernur yang didampingi Kepala Dinas ESDM, Amir Syahbana bersama Tim Penyusunan Kajian Warisan Geologi, dan Badan Pengelola Geopark Bangka Barat, menyampaikan hasil verifikasi awal terhadap dokumen yang diajukan Pemerintah  Provinsi Babel ditanggapi pihak Badan Geologi dengan membuka ruang sebagai tindak lanjut. 

Badan Geologi menyarankan agar usulan penetapan warisan geologi Kabupaten Bangka Barat dapat mempertimbangkan kerangka geologi Pulau Bangka secara keseluruhan, tidak  terbatas  di Kabupaten Bangka Barat saja. Bahkan kemungkinan mencakup seluruh Pulau Bangka.

Kepala Dinas ESDM Babel, Amir Syahbana, menyebut bahwa secara teknis, Babel telah memiliki kajian terkait geosite se-pulau Bangka dan sejauh ini telah ada titik terang. Pihaknya akan menganalisis lebih jauh melalui diskusi dengan dinas terkait. 

"Saya harap kawan-kawan Bangka Barat dapat bersabar, Pemprov Babel dalam waktu satu bulan akan menyampaikan hal yang konkrit terkait penetapan geosite Bangka Barat menjadi geoheritage kepada menteri ESDM secara keseluruhan," ujar Amir Syahbana. (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE