PPKM Level 4 di Babel Dilanjutkan Hingga 9 Agustus

Tim_Wow    •    Selasa, 03 Agustus 2021 | 10:39 WIB
Nasional
Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan terkait perkembangan PPKM (IST/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan terkait perkembangan PPKM (IST/BPMI Setpres)

JAKARTA, wowbabel.com -- Pemerintah melanjutkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 9 Agustus 2021. Termasuk di tiga kabupaten di Provinsi Bangka Belitung. 

Perpanjangan PPKM level 4 akibat lonjakan kasus Covid-19 masih terjadi dengan angka meninggal dunia yang masih tinggi.

"Di luar Jawa Bali ini ada 21 provinsi dan 45 kabupaten/kota yang level 4 dan ini dilanjutkan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jumpa pers, Senin (2/8)

Airlangga menyebut provinsi yang menerapkan PPKM Level 4 itu masih mengalami lonjakan kasus positif Covid-19, dengan lima yang tertinggi Provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Barat.

Selain itu, kata Airlangga, kasus positif Covid-19 juga melonjak di Kota Medan, Kota Makassar, Kota Banjarmasin, Kota Pekanbaru, Kota Banjarbaru, Kota Tarakan dan Jayapura.

"Sedangkan kabupatennya adalah Sikka, Berau, dan Belitung. Ini adalah daerah-daerah yang kenaikannya tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daera-daerah tersebut," katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 4 sampai 9 Agustus 2021 di beberapa daerah. Perpanjangan dilakukan setelah mempertimbangkan beberapa indikator.

"Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang. Kita harus menentukan derajat mobilitas masyarakat sesuai data terakhir agar pilihan kita tepat untuk kesehatan dan perekonomian,” kata Jokowi, Senin malam, 2 Agustus 2021.

Jokowi mengatakan pemberlakuan PPKM Level 4 sebelumnya pada 26 Juli hingga 2 Agustus telah membawa perbaikan baik dari sisi konfirmasi kasus positif Covid-19, kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR atau okupansi kamar rumah sakit.        Dia menjelaskan PPKM Level 4 yang diperpanjang sepekan ke depan akan menyesuaikan dengan aktivitas dan kondisi masing-masing daerah. Untuk mengurangi beban masyarakat akibat pembatasan, kata Jokowi, akan mendorong percepatan bantuan sosial. 

Dengan keputusan pemerintah ini Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman siap menerapkannya di daerah. Bersama TNI/Polri dan para bupati/walikota sudah menyiapkan langkah untuk menekan penyebaran Covid-19. Diantaranya mengadakan tempat isolasi terpadu, meningkatkan testing dan tracing hingga penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan.

Tiga kabupaten di Babel yang masuk dalam daerah PPKM level 4 adalah Bangka Barat, Belitung, dan Belitung Timur. Untuk empat kabupaten/kota tetap di PPKM level 3. (*)



MEDSOS WOWBABEL