Usulan Bangka Barat Jadi Geopark Perlu Diperkaya Se Pulau Bangka

ADVERTORIAL    •    Selasa, 03 Agustus 2021 | 22:23 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman (ist)
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman (ist)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyarankan usulan Geosite Bangka Barat menjadi geopark (taman bumi) diperluas ke seluruh Pulau Bangka. Sebab Pulau Bangka memiliki karakteristik yang layak untuk dijadikan warisan geologi.  

Hal ini diungkapkan anggota tim verifikasi  Penyusunan Kajian Warisan Geologi, dan Badan Pengelola Geopark Bangka Barat,  Asep Permana saat Rapat Koordinasi  Pembahasan Hasil Verifikasi Usulan Geosite Kabupaten Bangka Barat secara virtual di Ruang Rapat Gubernur Babel, Selasa (3 /8/2021). 

Asep Permana mengatakan Badan Geologi  menyayangkan jika Pemprov Babel hanya mengusulkan satu titik saja di Bangka Barat sedangkan Pulau Bangka memiliki karakteristik yang layak untuk dijadikan warisan geologi.  Anggota tim verifikasi  lainnya,  Hanang Samodra menambahkan,  akan lebih baik  jika usulan pengayaan keragaman geologi diajukan dalam satu pulau karena  lebih mudah dilakukan. 

"Tapi ya itu, harus satu pulau dan menjadi satu kesatuan. Karena di sini kita harus mengangkat tema. Nanti dilihat apakah ada perbedaan antara Geopark Bangka Barat yang diusulkan, dengan Geopark Belitung. Apakah temanya sama. Intinya, perlu diperkaya dalam satu pulau untuk menjadi geopark global karena Bangka Barat tidak dapat bergerak sendiri," jelasnya.

Tim verifikasi  tidak akan menghalangi bila Bangka Belitung ingin mengajukan usulan penetapan geosite, dan pihaknya akan menetapkan sesuai kriteria tertentu dengan standar dan kaidah Badan Geologi. Sejauh ini, dokumen usulan penetapan warisan geologi Bangka Barat sudah sesuai dengan kaidah.

Sedangkan Kepala Dinas ESDM, Provinsi Babel, Amir Syahbana menyebut bahwa secara teknis, Babel telah memiliki kajian terkait geosite se-pulau Bangka dan sejauh ini telah ada titik terang. Pihaknya akan menganalisis lebih jauh melalui diskusi dengan dinas terkait. 

"Terkait usulan Gubernur tentang penetapan geosite menjadi geoheritage di Bangka Barat tetap akan berjalan. Akan tetapi, untuk ditetapkan menjadi geopark nasional akan diperluas menjadi satu pulau," ujar Amir.

Jadi, usulan penetapan geosite di Bangka Barat menjadi geoheritage untuk sementara menunggu geosite lainnya yang berada di Pulau Bangka sehingga diharapkan penetapan dari Menteri ESDM dapat bersifat komprehensif dan satu pulau.

"Pemprov Babel dalam waktu satu bulan akan menyampaikan hal yang konkrit terkait penetapan geosite Bangka Barat menjadi geoheritage kepada menteri ESDM secara keseluruhan," pungkasnya. (adv/wb)



MEDSOS WOWBABEL