41 Desa di Bangka Belitung Belum Terjangkau Jaringan Internet

Robby_Salim    •    Jumat, 06 Agustus 2021 | 16:42 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Sebanyak 41 desa di Provinsi Bangka Belitung ternyata belum bisa terjangkau oleh jaringan telekomunikasi internet dan telepon seluler atau blank spot.

Hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI saat beraudiensi virtual dengan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Selasa (3/8/2021). 

Erzaldi Rosman mengaku prihatin dengan kondisi jaringan seluler di Bangka  Belitung, padahal akses internet menjadi satu hal yang penting. 

“Penting bagi kami kita mengadakan pertemuan ini, agar area-area blank spot dapat segera dibenahi mengingat masih banyak anak sekolah di Babel yang kesulitan mengikuti proses belajar mengajar yang dilakukan dengan sistem daring, begitu juga dengan peningkatan aktivitas perkantoran secara daring, “ujar Erzaldi.

Berdasarkan data tahun 2020, Kabupaten Bangka Barat merupakan daerah yang paling banyak memiliki blank spot area yakni sekitar 21,9 %, Kemudian disusul Kabupaten Bangka Tengah sekitar 12,7 %, Kabupaten Bangka Selatan sebesar 11,3 %, Kabupaten Belitung Timur 10,3 %, Kabupaten Bangka 8,6 % dan terakhir Kabupaten Belitung masih ada sekitar 4,1 %.

Adapun rincian desa-desa yang masih blankspot, yakni :

Bangka Barat : Desa Pangkal Beras,  Kayu Arang, Simpang Yul, Sinar Surya, Tanjung Niur, Simpang Gong, Rambat, Sungai Buluh, Pebuar, Mislak, Limbung, Cupat, Air Gantang, dan Telak.

Bangka Tengah : Desa Tanjung Pura, Romadhon, Kemingking, Kulur Ilir, Batu Beriga, Lubuk Lingkuk, Lubuk, dan Pabrik.

Bangka Selatan : Desa Celagen,  Pongok, Payung,  Kepoh, Sukajaya, dan Tanjung Labu.

Bangka : Desa Gunung Muda, Air Buluh, Labuh Air Pandan, Rukam, Kayu Besi, Kotawaringin, dan Cit.

Belitung : Desa Pulau Sumedang dan Selat Nasik 

Belitung Timur : Desa Simpang Tiga, Selingsing, Tanjung Kelumpang dan Pulau Buku Limau.(rob/wb)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL