Gerebek Sebuah Rumah, Polisi Temukan Ribuan Rokok Ilegal

Firman    •    Selasa, 10 Agustus 2021 | 20:41 WIB
Lokal
Ratusan dus rokok yang diduga ilegal berhasil diamankan Polres Pangkalpinang.(ist)
Ratusan dus rokok yang diduga ilegal berhasil diamankan Polres Pangkalpinang.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pangkalpinang berhasil mengungkap ratusan kardus berisi rokok ilegal bermacam merek, di Kota Pangkalpinang, Senin (9/8/2021).

Ratusan kardus yang berisi rokok bermacam jenis itu diduga kuat akan diedarkan secara ilegal oleh para pelaku, karena rokok bermacam merek tersebut, tidak melekati pita cukai yang sesuai standar.

Saat dilakukan penggerebekan, Tim Naga Polres Pangkalpinang yang dipimpin Aipda Rudi Kiai, sempat mengalami kesulitan, karena pemilik tidak berada di tempat sehingga memaksa polisi mendobrak pintu rumah tersebut.

Saat pintu terbuka, beberapa kardus ukuran cukup besar berisi rokok ditemukan di dalam sebuah kamar, setelah memastikan seluruh kardus sejumlah 124 buah berisikan jutaan batang rokok, petugas kemudian membawanya ke Mapolres Pangkalpinang.

Dalam pengungkapan tersebut, polisi juga berhasil mengamankan tiga orang yang diduga sebagai pelaku, yakni AY (21), HD (35), dan SB (51) ketiganya merupakan Warga Pangkalpinang.

Wakapolres Pangkalpinang Kompol Teguh Setiawan mengatakan, barang bukti yang diamanakan sebanyak 124 dus yang berisikan rokok berbagai macam merk terdiri dari rokok merk X-pro, Tabaco, Maxxis, Tabaco Xtra dan Orange dengan jumlah 1.984.000 batang rokok.

"Dugaan sementara tindak pidana penimbunan dan perniagaan rokok dengan tidak dilekati pita cukai dan dengan menggunakan pita cukai yang tidak sesuai dengan jenis atau golongan, jumlah keseluruhan 124 kardus, dengan perkiraan bernilai 1 Miliar," kata Kompol Teguh Setiawan yang didampingi Kasi Humas Polres Pangkalpinang AKP Agus Widodo dan KBO Reskrim Polres Pangkalpinang Imam Setiawan, saat menggelar konferensi pers di Halaman Mapolres Pangkalpinang, Selasa (10/8/2021).

Selain itu disampaikannya, rencana tindak lanjut terhadap perkara ini pihaknya akan limpahkan ke Kantor Wilayah Bea Cukai Pangkalpinang untuk proses lebih lanjut dan penyidikannya.

"Untuk tindak lanjut proses kasus ini, akan di limpahkan ke Kantor Wilayah Bea Cukai Pangkalpinang," kata Teguh.

Dikatakannya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai untuk mencari informasi tentang peredaran yang ilegal di wilayah hukumnya. 

"Kita akan tetap berkoordinasi dengan Bea Cukai Pangkalpinang, guna mencari peredaran barang Ilegal ini diedarkan di mana saja," ujarnya

Pelaku sebut Teguh, diduga melakukan dugaan tindak pidana penimbunan dan perniagaan rokok dengan tidak dilekati pita cukai dan dengan menggunakan pita cukai yang tidak sesuai dengan jenis/golongan.

"Atas perbuatannya para pelaku melanggar Pasal UU RI Nomor 39 Tahun 2007, tentang perubahan atas Undang-undang nomor 11 tahun 1995 tentang cukai," katanya.

Sementara itu pengakuan dari para pelaku ini kalau rokok tersebut milik milik IR yang saat ini masih dalam pengejaran pihak kepolisian.(fn/wb)






BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL