Jumlah Penduduk Bertambah, Kursi DPRD Bangka Barat Jadi 30 Orang

Chairul Aprizal    •    Selasa, 10 Agustus 2021 | 17:49 WIB
Pilkada
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Data terbaru Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bangka Barat semester I tahun 2021 menunjukkan bertambahnya jumlah penduduk menjadi 206.006 jiwa maka KPU Bangka Barat. Bertambahnya jumlah penduduk ini juga dipastikan kursi DPRD Bangka Barat akan bertambah.

Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Pardi memastikan, kursi DPRD Bangka Barat pada pemilu tahun 2024 bertambah menjadi 30 kursi karena jumlah penduduk lebih dari 200.000 jiwa sekarang.

Ia menjelaskan, mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum sesuai dengan pasal 191 ayat 2 jumlah kursi di DPRD berdasarkan jumlah penduduk. Sehingga dengan bertambahnya jumlah maka alokasi kursi DPRD di Kabupaten Bangka Barat ikut bertambah. 

"Jika jumlah penduduk lebih dari 200 ribu sampai dengan 300 ribu, 206.000 ini kan lebih enam ribu maka alokasi kursinya 30 bertambah lima kursi," jelasnya.

"Intinya kita di 2024 ini kemungkinan akan menambah 5 kursi menjadi 30 kursi. Tapi untuk nanti penyebaran 5lima kursi itu kemana saja itu nanti akan disesuaikan dengan tingkat penyebaran penduduk di masing-masing Kecamatan," sambungnya.

Pardi belum bisa menyatakan untuk penambahan kursi ini akan tersebar di kecamatan mana dan terkait potensi pemekaran dapil.

"Ini nanti terkait dengan DAK, jadi DAK yang dikeluarkan oleh Mendagri cuma kisarannya sudah ada ini. Semester I saja 206 ribu berarti nanti kita nunggu yang dikeluarkan Mendagri untuk dijadikan acuan KPU melakukan penataan dapil itu biasanya yang semester II tahun 2021," tutur Pardi.

Ia menyebutkan, pihaknya masih menunggu data sekarang masih menunggu selama 6 bulan ini penambahan penduduk di daerah mana yang paling besar.

"Itu belum tahu, nanti kami menunggu data DAK jangan sampai kita mendahului Mendagri. Mendagri memberikan data secara resmi ke KPU nanti kita tunggu data Data Agregat Kependudukan (DAK) nya di semester II tahun 2021 biasanya itu yang jadi acuan KPU untuk melakukan penataan Dapil," sebutnya. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL