Covid-19 Melonjak, Bangka Selatan Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 12 Agustus 2021 | 11:24 WIB
Opini
Falih Nasrullah SPSi, Mahasiswa Pasca Sarjana IPB
Falih Nasrullah SPSi, Mahasiswa Pasca Sarjana IPB


Oleh : Falih Nasrullah SPSi, Mahasiswa Pasca Sarjana IPB


Salah satu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan situasi Covid-19 di Bangka Selatan saat ini adalah "Bangka Selatan tidak sedang baik-baik saja". Beberapa indikator yang menunjukkan Bangka Selatan sedang tak baik-baik saja adalah kasus infeksi Covid-19 yang terus meningkat dan keterisian tempat isolasi pasien yang kian menipis. 

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung sejak awal tahun 2020. Semua orang merindukan masa sebelum pandemi  saat ini. Bagaimana dengan kondisi saat ini. Kita saat ini tidak dalam kondisi baik-baik saja. Perlu semua kita waspada akan lonjakan kasus terutama dari varian baru yang bermunculan di berbagai daerah terkhusus (Kabupaten Bangka Selatan).

Covid-19  kian meresahkan. Jumlah korban yang terpapar terus meningkat. Menurut data Satgas Covid Babel / Diskominfo Kabupaten Bangka Selatan pada tanggal 10 Agustus 2021, Lonjakan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 terus meningkat hingga mencapai 2.575 orang dan Total pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 1.676 orang, dalam perawatan 818 orang, sedangkan 81 orang dilaporkan meninggal dunia. 

Dengan melihat paparan data diatas  yang perlu kita lakukan yaitu butuh gerakan bersama melawan ganasnya virus yang sangat berbahaya ini. Bergandengan tangan, bersatu saling padu mencari solusi. Bukan sibuk saling menyalahkan, menuding, dan mencari kambing hitam. Semua itu tak menyelesaikan persoalan, malah membuat keadaan semakin runyam.

Tiap saat, publik khawatir akan penyebaran Covid-19. Sukar dideteksi bisa datang kapan saja tanpa diundang. Tak kuasa pula ditolak. Jangan lagi ditambah dengan narasi politik yang justru menambah beban mental publik. Kepanikan kerap terpancar setiap kali ada informasi bertambahnya jumlah orang yang terduga Covid-19. Cemas tiada henti.

Sudah saatnya kita memikirkan bagaimana cara untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Kunci utama keberhasilan pencegahan penyebaran Covid-19 salah satunya adalah partisipasi masyarakat yang mengikuti imbauan pemerintah. Di Kabupaten Bangka Selatan kesadaran masyarakat masih rendah untuk mengikuti imbauan pemerintah dalam memotong mata rantai penyebaran Covid-19, yang terlihat dari masih banyaknya aktivitas masyarakat di luar rumah yang tidak mematuhi protokol kesehatan.




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE