Provinsi Babel Satu-Satunya di Sumatera PPKM Level 4

Tim_Wow    •    Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:35 WIB
Nasional
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

JAKARTA,www.wowbabel.com — Pemerintah resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel untuk satu pekan ke depan atau hingga 23 Agustus 2021. Tak hanya di Jawa-Bali, aturan tersebut juga berlaku secara nasional. Provinsi Bangka Belitung ditetapkan satu-satunya provinsi di Sumatera yang masuk PPKM level 4.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, saat ini masih ada 45 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang akan lanjut menerapkan PPKM Level 4.

“Kita lihat dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali ini, 45 kabupaten/kota menerapkan PPKM level 4, dan untuk wilayah 5 provinsi adalah level 4, 13 provinsi level 3, dan 9 provinsi level 2," jelasnya dalam sesi teleconference, Senin (16/8).

Airlangga memaparkan, penerapan PPKM Level 4 di Pulau Sumatera hanya berlaku untuk Bangka Belitung. Sementara Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Bengkulu menerapkan PPKM level 3. Sedangkan Aceh, Lampung dan Sumatera Selatan level 2.

“Di Sumatera 10 provinsi yaitu Bangka Belitung itu tingkat 4, dan tingkat 3 itu Riau, Sumatera Barat, Sumatera Timur, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau dan 3 provinsi di tingkat 2 yaitu Aceh, Lampung dan Sumatera Selatan," jelasnya. 

Dari hasil evaluasi pemerintah, pada pekan pertama Agustus terdapt lima provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi, yaitu Nusa Tenggara Timur naik 40.2%, Sulawesi Tengah naik 39,8%, Kepulauan Bangka Belitung naik 25,7%, Kalimantan Selatan naik 12,9%, dan Sumatera Barat naik 10%. Kenaikan kasus Covid-19 bahkan meningkat tajam hampir di seluruh provinsi di Indonesia pada 9 Agustus hingga kemudian angkanya kembali menurun pada 12 Agustus. 

Untuk merespons situasi tersebut, Presiden Jokowi mengatakan ada tiga hal yang penting untuk segera dilakukan. Pertama, membatasi mobilitas masyarakat. Kedua, menggencarkan pengetesan dan penelusuran. Ketiga, Presiden menginstruksikan agar para pasien positif Covid-19 segera dibawa ke tempat isolasi terpusat (isoter).

Dia meminta kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk menyiapkan tempat-tempat isolasi terpusat di daerahnya masing-masing dengan memanfaatkan fasilitas umum seperti gedung olah raga, balai, hingga sekolah.

 Wilayah dikategorikan berdasarkan level 1-4 berdasarkan tingginya tingkat transmisi komunitas yang bisa menyebarkan  virus secara luas di masyarakat.  Indikator PPKM Level 4 dilihat dari kasus konfirmasi lebih dari 150 per 100 ribu penduduk per minggu, angka kejadian rawat inap baru lebih dari 30 per 100 ribu penduduk per minggu, dan jumlah kematian akibat Covid-19 lebih dari 5 per 100 ribu penduduk per minggu. 

Pada PPKM Level 4, pemerintah mempunyai sejumlah target, di antaranya menekan positivity rate mingguan tiap daerah kurang dari 5 persen, daerah dengan positivity rate mingguan lebih dari 25 persen, harus melakukan tes 15 orang per 1000 penduduk per minggu, dan pemerintah daerah juga perlu melakukan tracing sampai lebih dari 15 kontak erat per kasus konfirmasi. (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE